Keutamaan malam Jum’at dan hari Jum’at

Malam Jum’at adalah malam yang paling utama, harinya adalah hari yang paling utama dari semua hari.

Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya malam Jum’at dan harinya adalah 24 jam milik Allah Azza wa Jalla. Setiap jamnya ada enam ratus ribu orang yang diselamatkan dari api neraka.”

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Barangsiapa yang mati di antara matahari tergelincir hari Kamis hingga matahari tergelincir hari Jum’at, Allah melindunginya dari siksa kubur yang menakutkan.”

Imam ja’far Ash-Shadiq (sa) juga berkata: “Malam Jum’at dan hari Jum’at mempunyai hak, maka janganlah sia-siakan kemuliaannya, jangan mengurangi ibadah, dekatkan diri kepada Allah dengan amal-amal shaleh, tinggalkan semua yang haram. Karena di dalamnya Allah swt melipatgandakan kebaikan, menghapus kejelekan, dan mengangkat derajat. Hari Jum’at sama dengan malamnya. Jika kamu mampu, hidupkan malam dan siangnya dengan doa dan shalat. Karena di dalamnya Allah mengutus para Malaikat ke langit dunia untuk melipatgandakan kebaikan dan menghapus keburukan, sesungguhnya Allah Maha Luas ampunan-Nya dan Maha Mulia.”

Dalam hadis yang mu’tabar, Imam Ja’far Ash-Shadiq berkata: “Sesungguhnya orang mukmin yang memohon hajatnya kepada Allah, Ia menunda hajat yang dimohonnya hingga hari Jum’at agar ia memperoleh keutamaan yang khusus (dilipatgandakan karena keutamaan hari Jum’at).”

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Ketika saudara Yusus meminta kepada Ya’qub agar ia memohonkan ampunan untuk mereka, ia berkata, Tuhanku akan mengampunimu. Kemudian ia mengakhirkan istighfarnya hingga dini hari Jum’at agar permohonannya diijabah.”

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Jika malam Jum’at tiba semua binatang laut dan binatang darat mengangkat kepalanya seraya memanggil dengan bahasanya masing-masing: Wahai Tuhan kami, jangan siksa kami karena dosa-dosa anak cucu Adam.”

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Allah swt memerintahkan kepada Malaikat agar pada setiap malam Jum’at ia menyeru dari bawah Arasy dari awal malam hingga akhir malam: Tidak ada seorang pun hamba mukmin yang berdoa kepada-Ku untuk keperluan akhirat dan dunianya sebelum terbit fajar kecuali Aku mengijabahnya, tidak ada seorang pun mukmin yang bertaubat kepada-Ku dari dosa-dosanya sebelum terbit fajar kecuali Aku menerima taubatnya, tidak ada seorang pun mukmin yang sedikit rizkinya lalu ia memohon kepada-Ku tambahan rizkinya sebelum terbit fajar kecuali Aku menambah dan meluaskan rizkinya, tidak ada seorang pun hamba mukmin yang sedang sakit lalu ia memohon kepada-Ku untuk kesembuhannya sebelum terbit fajar kecuali Aku memberikan kesembuhan, tidak ada seorang hamba mukmin yang sedang kesulitan dan menderita lalu ia memohon kepada-Ku agar dihilangkan kesulitannya sebelum terbit fajar kecuali Aku menghilangkannya dan menunjukkan jalannya, tidak ada seorang pun hamba yang sedang dizalimi lalu ia memohon kepada-Ku agar Aku mengambil kezalimannya sebelum terbit fajar kecuali Aku menolongnya dan mengambil kezalimannya; Malaikat terus-menerus berseru hingga terbit fajar.”

Ali bin Abi Thalib (sa) berkata: “Sesungguhnya Allah swt memilih Jum’at, lalu menjadikan harinya sebagai hari raya, dan memilih malamnya menjadi malam hari raya. Di antara keutamaannya adalah orang yang momohon hajatnya kepada Allah Azza wa Jalla pada hari Jum’at Allah mengijabahnya; suatu bangsa yang sudah layak menerima azab lalu mereka memohon pada malam dan hari Jum’at Allah pasti menyelamatkan mereka darinya. Tidak ada sesuatu pun yang Allah tentukan dan utamakan kecuali Ia menentukannya pada malam Jum’at. Karena itu, malam Jum’at adalah malam yang paling utama, dan harinya adalah hari yang paling utama.”

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: ” Jauhilah maksiat pada malam Jum’at, karena pada malam itu keburukan dilipatgandakan dan kebaikan dilipatgandakan. Baransiapa yang meninggalkan maksiat kepada Allah pada malam Jum’at Allah mengampuni semua dosa yang lalu, dan barangsiapa yang menampakkan kemaksiatan kepada Allah pada malam Jum’at Allah menyiksanya dengan semua amal yang ia lakukan sepanjang umurnya dan melipatgandakan siksa padanya akibat maksiat itu.”

Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya hari Jum’at adalah penghulu semua hari, di dalamnya Allah azza wa jalla melipatgandakan kebaikan, menghapus keburukan, mengangkat derajat, mengijabah doa, menghilangkan duka, dan menunaikan hajat-hajat yang besar. Hari Jum’at adalah hari Allah menambah jumlah orang-orang yang dibebaskan dari neraka. Tidak ada seorang pun manusia yang memohon perlindungan di dalamnya dan ia mengenal hak-Nya serta yang diharamkan-Nya, kecuali Allah berhak membebaskan dan menyelamatkan ia dari neraka. Jika ia mati pada hari Jum’at atau malamnya, ia mati syahid dan membangkitkan dari kuburnya dalam keadaan aman.Tidak ada seorang pun yang meremehkan apa yang diharamkan oleh
Allah dan menyia-nyiakan hak-Nya, kecuali Allah berhak mencampakkannya ke dalam neraka Jahannam kecuali ia bertaubat.”

Imam Muhammad Al-Baqir (sa) berkata: “Tidak ada terbit matahari yang lebih utama dari hari Jum’at, dan sesungguhnya pembicaraan burung pun jika ia berjumpa dengan yang lain pada hari ini, ia mengucapkan salam, salam kebaikan dan kedamaian.”

Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa) berkata: “Jika kalian memasuki hari Jum’at, maka janganlah kalian disibukkan oleh sesuatu selain ibadah, karena hari itu adalah hari pengampunan bagi hanba hamba Allah; pada hari Jum’at dan malam Jum’at Allah menurunkan kepada mereka rahmat dan karunia lebih banyak daripada mengambilnya dalam waktu yang singkat.”
(Fafâtihul Jinân, bab 1, pasal 4, halaman 28-38 )

Wassalam
Syamsuri Rifai

FREE DOWNLOAD eBOOK ISLAMI: AMALAN DAN DOA

JASA PEMBUATAN WEBSITE TERPERCAYA DAN PROFESIONAL

About these ads

43 Responses

  1. Assalamu’alaikum Pak Ustadz Syamsuri,
    Salam kenal.
    Alhamdulillah saya bisa temukan blog bapak yang sangat bagus dan penuh ilmu ini. Kalau boleh saya akan tautkan di blog saya yg sekadarnya (baik ilmu komputernya maupun ilmu agamanya). Jazakumullahu khairon katsir.
    Wassalam,

  2. Ass. Tks ya ustadz telah menuliskan blog ini . Semoga kita dpt mengambil hikmah dan manfaat dari tulisan ini . Semoga menjadi insan yg bertaqwa .

  3. assalamu’alaikum wr.wb.
    ya Ustadz. saya sangat awam dalam masalah agama. apakah ustadz bisa mencantumkan ayat2 al-qur’an maupun hadits2 yang terpercaya, sehingga saya bisa semakin mantap dengan pembahasan ini.
    terima kasih ustadz n maaf sebelum dan sesudahnya.
    wassalamu’alaikum wr. wb.

    • Agar tdk dipenuhi keraguan, kita wajib merujuk kepada Ahlul bait Nabi saw, dan ulama2 ahli hadis dari kalangan mereka. Krn dalil2 hadis itu masih perlu diteliti keshahihannya.

      • Assalamuallaikum,,Ustadz tentang Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya malam Jum’at dan harinya adalah 24 jam milik Allah Azza wa Jalla. Setiap jamnya ada enam ratus ribu orang yang diselamatkan dari api neraka.” apa sanadnya…? mohon kejelasnya Syukron
        Salam

      • shohih, sy mengutip hadis dari kitab yg ditulis oleh ulama ahli hadis.

  4. Assalamu’alaikum pak ustadz..bisa di tag ke facebook saya g pak ustadz..trimakasih INSYA ALLAH bermanfaat buat teman2 fb saya..amin

  5. AssaLamuaLaikum., hadizt2 dr RasuLuLLah d ats sanad.nya siapa.?

  6. Assalamualaikum.
    Salam knal ustadz.
    Sy senang skali dpt kbr baik dr tulisan ustadz.
    Sm spt teman2 yg bertanya diatas,,
    hadist2 yg indah itu diriwayatkan oleh siapa?
    Krn org2 dijaman skarang sgt gampang mengatakan ini bid’ah itu bid’ah,,, bahkan pengajian mlm jum’at pun mrk blg bid’ah krn yg dibaca cm yasin…
    Mohon penjelasannya ya ustadz. Trimakasih.

  7. [...] Keutamaan malam Jum’at dan hari Jum’at Posted on March 13, 2008 by Syamsuri Rifai Malam Jum’at adalah malam yang paling utama, harinya adalah hari yang paling utama dari semua hari. [...]

  8. Assalamualaikum……izin copas ya….

  9. assalamualaikum pak ustadj.saya mao tanya kalo malam jum’at kira kira zikir yg utam apa ya.mohon di jelaskan pak ustadj? wass…….

  10. very -very good

  11. Asslamu’alaikum…War.Wab.,
    Ustadz, terimaksih atas Post Doa’2nya, semoga kt dapt mengamalkannya, mohn izin sy sebagian do’a nay mau sy Copy Paste di PC sy. Trimaksih. Jazakllah Khairan Katsiira…, Wassalam.

  12. Berbuat baiklah ketika orang lain membutuhkanmu….

  13. Assalamualaikum……izin copas ya….

  14. Assamualaikum… izin share ya…

  15. Assalamu’alaikum,,

    Alhamdulillah dengan adanya blok ini ilmu pengetahuan saya bertambah,, Semoga Allah memberkati pemilik blok ini,,
    Jika ada blok-blok lain yang mengenai ilmu islam kabari saya di my email.. wenny.febri@yahoo.com

  16. ilmu yg sungguh bermanfaat….

  17. assalamu’alaikum pak ustadz ,, boleh saya izin share di facebook saya ga ? sblm nya trima kasih

  18. alhamdulillah, semoga bermanfaat buat semua.

  19. insya allah dapat syafaat buat kami semua …
    amiin…

  20. Ijin share ya..
    Terima kasih sudah mendapatkan tambahan Ilmu… sangat bermanfaat…

  21. izin SHARE USTADZ…..

  22. Allhamd.bertambah 1 ilmu lagi.
    Allhamd.

  23. assalamualaikum wr.wb , pak ustad minta izin share ke website q , terima kasih wassalam

  24. Assalamualaikum Ustadz.Syukron atas informasi ilmunya.Smg silaturahmi dianatara kita ttp terjaga.Salam kenal dari saya di Provinsi Kep Bangka-Belitung.

  25. Allohu Akbar

  26. mnta ijin share artikel ini akhi

  27. asalamualaikum

  28. MHN IZIN SHARE KE EMAIL ANA, SYUKRON

  29. terima kasih infonya..semoga ilmunya bermanfaat..amien

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 100 other followers

%d bloggers like this: