Shalat dan Doa untuk Orang Tua

Shalat untuk Orang Tua

Shalat untuk orang tua (shalat birrul walidayn) adalah shalat untuk berbakti kepada kedua orang tua. Shalat ini dilakukan oleh anak untuk kedua orang tuanya, untuk mewujudkan kebarbaktian kepada mereka, baik mereka masih hidup atau telah berpulang ke hadirat Allah swt

Rasulullah saw pernah ditanyai: “Siapakah yang paling besar haknya terhadap seseorang?” Beliau menjawab: “Kedua orang tuanya.” Kemudian beliau bersabda: “Sesungguhnya anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya saat mereka masih hidup, tetapi setelah mereka meninggal ia tidak memohonkan ampunan untuk mereka, maka ia dicatat sebagai anak yang durhaka kepada keduanya. Dan sesungguhnya anak yang durhaka kepada kedua orang tuanya saat mereka masih hidup, tapi sesudah mereka meninggal ia memperbanyak istighfar untuk mereka, maka ia dicatat sebagai anak yang berbakti.” (Al-Mustadrak 2:112).

Shalat ini diajarkan oleh Rasulullah saw dan keluarganya. Shalat ini dilakukan dua rakaat dengan niat untuk berbuat baik dan berbakti kepada kedua orang tua. Caranya:

Rakaat pertama: sesudah surat Fatihah membaca surat Ibrahim/14: 41 (10 kali) yaitu:

Rabbanaghfirlî wa li-wâlidayya wa lil-mu’minîna yawma yaqûmul hisâb.

Ya Tuhan kami, ampuni aku dan kedua orang tuaku serta orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat).

Rakaat kedua: sesudah surat Fatihah membaca surat Nuh/71: 28 (10 kali) yaitu:

Rabbighfirlî wa li-wâlidayya wa liman dakhala baytî mu’minan wa lil-mu’minîna wal mu’minât.

Ya Tuhanku, ampuni aku dan kedua orang tuaku, dan orang yang masuk ke rumahku dengan beriman, serta seluruh mukminin dan mukminat.

Setelah salam membaca doa berikut 10 kali
Rabirhamhumâ kamâ rabbayanî shaghîrâ.
Ya Tuhanku, kasihani mereka berdua sebagaimana mereka mendidikku di
waktu aku kecil.

(Mafâtihul Jinân, bab 2, halaman 215)

Yang berminat tek arab ayat-ayat Al-Qur’an tersebut, silahkan mengkopi dari milis “Keluarga Bahagia” atau milis “Shalat-doa” berikut ini.

Doa untuk Orang Tua

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang

Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad hamba-Mu dan rasul-Mu dan ahli baitnya yang suci, istimewakan mereka dengan yang paling utama dari rahmat-Mu, kasih-Mu, kemuliaan-Mu dan kedamaian-Mu

Ya Allah
istimewakan juga kedua orang tuaku dengan kemuliaan di sisi-Mu dan rahmat-Mu wahai Yang Paling Pengasih dari segala yang mengasihi

Ya Allah
Sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya
Ilhamkan kepadaku ilmu tentang kewajibanku
Gabungkan bagiku seluruh ilmu itu secara sempurna
Gerakkan aku untuk mengamalkan apa yang Kau ilhamkan kepadaku
Bimbinglah aku untuk melaksanakan pengetahuan yang telah Kau tunjukkan kepadaku
Sehingga
aku tidak kehilangan waktu untuk mengamalkan apa yang telah Kau ajarkan kepadaku
dan anggota badanku tidak berat untuk melakukan apa yang telah Kau ilhamkan kepadaku

Allah
Sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya sebagaimana telah Kau muliakan kami dengannya
Sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya sebagaimana telah Kau wajibkan bagi kami hak terhadap makhluk-Mu karenanya

Ya Allah
Jadikan takut kepada kedua orangku seperti takut akan penguasa zalim, dan berbuat bajik kepada keduanya dengan kebajikan ibu yang penyayang
Jadikan ketaatanku kepada kedua orang tuaku dan kebajikanku kepada mereka
lebih menenteramkan hatiku dari tidur kepada orang yang mengantuk
lebih menyejukkan hatiku dari seteguk air bagi yang kehausan
Sehingga
aku dahulukan kehendak mereka di atas kehendakku
aku utamakan ridha mereka di atas ridhaku
aku anggap banyak kebajikannya walaupun sedikit
dan aku anggap sedikit kebajikanku walaupun banyak

Ya Allah
Indahkan kepada mereka ucapanku
Haluskan kepada mereka tabiatku
Lembutkan kepada mereka hatiku
Jadikan aku orang yang sangat mencintai mereka

Ya Allah
Balaslah kebaikan mereka karena telah mendidikku
Berikan ganjaran kepada mereka karena telah memuliakanku
Jagalah mereka sebagaimana mereka memeliharaku pada masa kecilku

Ya Allah
untuk setiap derita yang menimpa mereka karenaku
untuk setiap hal yang tidak enak yang mengenai mereka karenaku
untuk setiap hak mereka yang aku abaikan
jadikan semua itu penghapus terhadap dosa mereka
ketinggian derajat mereka
kelebihan dalam kebaikan mereka
Wahai Yang Mengubah keburukan dengan kebaikan secara berlipat ganda

Ya Allah
untuk setiap pembicaraan mereka yang melanggar batas terhadapku
untuk setiap perbuatan yang berlebihan terhadapku
untuk setiap hak-ku yang mereka lalaikan
untuk setiap kewajiban terhadapku yang mereka abaikan
semua sudah aku berikan kepada mereka dan aku ikhlaskan atas mereka
dan aku tidak membenci mereka cara mereka memperlakukanku,

Ya Allah
mereka mempunyai hak terlalu besar dari diriku
kebaikan yang terlalu utana terhadapku
perberian yang terlalu banyak bagiku
sehingga aku tidak dapat membalasnya dengan adil atau memberikan kepada imbalan sepadan

Duhai Tuhanku
bagaimana harus kubalas budi mereka
lamanya kesibukan mereka untuk mengurusku
beratnya kelelahan mereka menjagaku
dan penanggungan mereka akan kesempitan untuk memberikan keleluasaan bagiku

Aduhai
Aku tidak akan bisa memenuhi hak mereka terhadapku
Aku tidak mampu melaksanakan kewajibanku kepada mereka
Aku tidak sanggup menjalankan kewajibanku untuk berkhidmat kepada mereka
Maka, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya
Bantulah aku
Wahai Yang Paling baik untuk dimintai bantuan
Bimbinglah aku
Wahai Pembimbing yang dirindukan
Jangan jadikan aku orang yang durhaka kepada ayah bunda
pada hari ketika setiap diri dibalas karena hasil kerjanya dan mereka tidak dianiaya

Ya Allah
Sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya
Istimewakan kedua orang tuaku dengan yang paling utama dari apa yang Kau istimewakan kepada orang tua wahai Yang Paling Pengasih dari segala yang mengasihi

Ya Allah
Jangan biarkan aku lupa untuk menyebut mereka sesudah shalatku
pada saat-saat malamku, pada saat-saat siangku

Ya Allah
Sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya
Ampunilah aku dengan doaku kepada mereka dengan ampunan yang sempurna
Ampunilah kedua orang tuaku dengan kebaikan mereka padaku
Ridhailah mereka dengan syafaatku untuk mereka dengan keridhaan yang paripurna
Sampaikan mereka dengan anugerah-Mu kepada tempat-tempat kesejahteraan

Ya Allah
Jika ampunan-Mu lebih dahulu datang kepada mereka,
izinkan mereka untuk memberi syafaat kepadaku
Jika ampunan-Mu lebih dahulu sampai kepadaku,
izinkan aku untuk memberi syafaat kepada mereka
Sehingga dengan kasih sayang-Mu kami berkumpul di rumah-Mu yang mulia
di tempat ampunan dan kasih-Mu
Sungguh Engkau Pemilik karunia yang besar dan anugerah yang abadi
Engkaulah Yang maha Pengasih dari semua yang pengasih.
(Ash-Shahifah As-Sajjadiyah, doa ke 24)

KUMPULAN DOA-DOA PILIHAN AMALAN PRAKTIS

Disponsori oleh:
Baliton clc Cara Praktis dan Hemat Ngedak Lantai Rumah
Acrylic Kreatif Jakarta

Yang berminat tek arab dan bacaan tek latin doa ini, silahkan mengkopi dari milis “Keluarga Bahagia” atau milis “Shalat-doa” berikut ini.

Amalan Praktis, bermacam2 shalat sunnah dan doa-doa pilihan, Artikel-artikel Islami dan informasi Islami, klik di sini :
http://shalatdoa.blogspot.com
https://syamsuri149.wordpress.com

Milis artikel2 Islami, macam2 shalat sunnah, amalan2 praktis dan doa-doa pilihan serta eBooknya, klik di sini:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia
http://groups.yahoo.com/group/Shalat-Doa

Milis rahasia huruf dan angka, nama dan kelahiran, rumus2 penting lainnya, dan doa2 khusus, klik di sini :
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

50 Responses

  1. Salam..

    Bolehkan solat ini diamalkan oleh seorang anak yang tidak berhubungan dengan ibu bapanya atas sebab tiada persefahaman? Anak ini tidak terang-terangan melawan kata-kata mereka cuma membawa diri hidup bersendirian..

    Terima kasih..

  2. Boleh, diharapkan dengan amalan ini Allah swt memberi pertolongan untuk mengembalikan hubungan yg harmonis antara anak dan ortu.

  3. salam …

    Kalau waktu yang tepat melakukan shalat untuk orang tua tersebut kapan aja ? nuhun

  4. sungguh menafaat..izinkan sy copy tuk sy dn teman2 sy

  5. om.. kok gak ada bahasa arabnya, katanya kalo mo tau bahasa arabnya suruh join ke milis,,. sampe milis kok gak ada yah..

  6. Assalamualaikum Warahmatullah,
    Alhamdulillah terjupa sudah Shalat dan Doa untuk Orang Tua yang saya cari selama ini….terimakasih kerana mempaparkan di ruangan blog tuan.

    Sekarang tinggal lagi ingin saya pohonkan kebenaran dari tuan bagi mengamalkan dan mengopy untuk kegunaan persenderian..

    harap mendapat kebenaran dari pihak tuan.

    wassalam.
    pk

  7. assalammualaikum warohmah…
    terimakasih untuk sholat dan doa untuk orang tua nya
    karena selama ini saya dengar itu smua ,tapi tak tahu cara2nya..
    pak ustad apakah ada sholat dan doa pula untuk mendoakan adik/saudara/teman …agar mereka mau
    menjalankan ibadah sholat dengan tekun/benar
    trims sebelumnya.

  8. mantap …

  9. ass. wr. wb.
    yth. bpk. syamsuri rifai,
    mohon berkenan kiranya untuk mengirim artikel: (1)shalat dan doa untuk anak, dan
    (2) shalat dan doa untuk orang tua
    dalam teks arab dan bacaan teks latin,
    untuk kami amalkan. terima kasih.
    wass. wr. wb.
    sigitmulyono@gmail.com

  10. mohon ijin copas mas

  11. salam pak !
    Segala puji-pujian bg Allah Tuhan sekalian Alam.
    sy minta izin utk beramal dan sampaikan kpd mereka yg sy kenali dgn izin dr Allah.

    Wallahua’lam.

    Jazakallah.

  12. Alhamdulillah banyak memberi inspirasi saya dalam beribadah.Saya ingin slalu diemail dari perkembangan artikel dari bapak, Smoga Bapak slalu diberi petunjuk dan Ridha dari Allah dan menjadi umat terpilih dalam syiar Islam. Sukses Pak syamsuri Wassalam,

  13. Alhamdulilah. Saya menemukan website ini. Ayah saya sudah meninggal. Dan saya bingung ingin mendoakan sperti apa kepada ayah saya. Dengan membaca doa diatas hati saya sangat tenang. Jauh lebih tenang dari kelegaan apapun. Terima kasih telah membuat dan memuat doa ini. Allah akan selalu sayang kepada orang yang selalu menyebarkan kebaikannya melalui cara apa pun. Terima kasih sekali lagi. Wasaalam mualaikum warahmatullah hiwabarokatu

  14. Assalamualaikum Pak Ustadz…mohon ijin share ke temen…terima kasih.

  15. pa ustadz, mohon ijin copas utk share ke tmn2 ya..
    oya, orangtua saya sedang menunaikan rukun islam ke5, apakah boleh saya kirim doa & sholat spt yg ustadz ajarkan?
    terima kasih.

  16. Assalamualaikum Warahmatullah,

    Maaf pak , kapan waktu yg tepat untuk sholat berbakti kepada orang tua?

  17. Assalamualaikum Pak Ustadz…mohon ijin share…terima kasih.

  18. makasih banyak ya tuk note ya,,
    aku ijin share ya akh??

  19. Alhamdulilah bisa di berikan ilmu nya, Orang tua saya dua2nya sudah meninggal, tetapi saya masih ingin di berikan kesempatan untuk berbakti melalui sholat dan doa2 untuk mereka. Trima kasih….semoga bisa terus membagi ilmu nya.

  20. Assalamualaikum wr.wb
    Mohon ijin share nya ya pak …
    Terima kasih sebelumnya

    Wss.wr.wb

  21. Assalamualaikum wr.wb

    Mohon ijin share doanya ya pak
    Terima kasih sebelumnya

    Wss.wr.wb

  22. doa yang sangat bermanfaat,, saya sangat berterima kasih kepada anda, semoga kita semua menjadi anak yang sholeh dan sholeha

  23. Assalamualaikum…
    terimakasih atas Doa ini, saya seblmnya blm tau jika ada sholat ini. kedua orang tua saya telah meninggal dunia… saya ingin sekali berbakti pada beliau walau beliau telah meninggal… terimaksih…

  24. ass

    pak ustad sya mhon izin dri sgla apa yg sya amalkan dri wbsite ini.

  25. Alhamdulillah, akhirnya saya menemukan artikel ustadz dan ustdzah. Sudah lama sekali saya ingin bisa berbakti pada orang tua saya. Selama ini hanya bisa jadi impian yang tidak kunjung terwujud. Saya selalu merasa risih terhadap orang tua saya, karena kalau bicara asal bicara tidak pernah difikirkan dulu, sok tahu, kalau ada orang ngomong nggak mau mendengarkan, banyak sekali ngomong yang sebenarnya tidak perlu diomongkan dan suka memotong pembicaraan orang lain. Saya akan mencoba menerapkan shalat birrul walidain. Mudah-mudahan impian saya selama ini untuk bisa sabar dan berbakti pada orang tua akan segera terwujud.Amiin. Saya juga mohon saran dari ustadz agar impian saya untuk bisa berbakti pada orang tua saya akan segera terwujud.

  26. Assalamu’alaikum…
    Terima kasih pak, dengan mengunungi link anda saya jadi tahu tentang sholat ini, semoga semakin sukses…

  27. assalamualaikun
    makasih om amalannya, mhon izin.

  28. assalamualaikum
    trimakasih pk ustad amalannya, mhon izin.

  29. Alhamdullillah, ketemu jua cara berbakti kepada kedua orang tua. Saya minta izin untuk mengamalkan shalot dan doa ini.

  30. ass. pak sya sgt berdosa ma org tua sya,,, apakah betul klo qt bsa bhagiain orang tua qt,, qt bkal di bahagiain allah

  31. Ass. Pak ustad, Bacaan niatnya kayak mana ?? waktu sholatnya kapan ?? siang, malam atau setelah sholat wajib ?? dua rakaat sehari atau boleh lebih ?? Terima kasih

  32. Minta Ijin mengutip sebagian dari doa2 nya…terima kasih

  33. Aswrwb Alhamdulilah Pak ustadz sangat bermanfaat sekaali sholat dan doa orang tua mudah2 segala amal dan ilmu yg dipaparkan di blog ini bermanfaat dan hanya ALLAH SWT yg membalas semua kebaikan Pak Ustadz……..Alfatehah…

  34. artikel nya bagus..untuk keselamatan dunia dan akhirat orang tua..amin ya rabbalalamin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: