Adab dan Doa Ziarah Kubur

Sekitar Persoalan Penghuni kubur
Rasulullah saw bersabda:
“Berilah hadiah mayit-mayitmu.” Kemudian kami (sahabat) bertanya: Apa hadiah untuk mayit? Beliau menjawab: “Sedekah dan doa.” (Mafatihul Jinan, pasal 10, hlm 570)

Rasulullah saw bersabda:
“Sesungguhnya setiap Jum’at arwah orang-orang mukmin datang ke langit dunia vertikal dengan rumah mereka, seraya masing-masing mereka memanggil dengan suara yang sedih sambil menangis: wahai keluargaku, anak-anakku, ayahku dan ibuku, kerabatku, sayangi kami niscaya Allah menyayangi kalian dengan hadiah yang kalian berikan pada kami. Celaka kami (karena harta kami), kami yang dihisab, orang lain yang mengambil manfaat.”

Dalam hadis yang lain Rasulullah saw bersabda:
“Masing-masing mereka memanggil kerabatnya: Sayangi kami dengan dirham atau roti atau pakaian, niscaya Allah menyayangi kalian dengan pakaian dari surga.” Kemudian Rasulullah saw menangis. Kami (sahabat) pun ikut menangis, Rasulullah saw tak kuasa berbicara karena banyaknya menangis. Kemudian beliau bersabda: “Mereka itu adalah saudara kalian dalam agama, mereka hancur menjadi tanah setelah mereka (di dunia) diliputi kesenangan dan kenikmatan. Mereka memanggil dengan seruan: “Celaka kami, sekiranya kami dulu menginfakkan harta kami di jalan ketaatan kepada Allah dan ridha-Nya, niscaya kami tidak butuh pada kalian.” Lalu mereka pulang dengan kerugian dan penyesalan, dan mereka berseru: Cepatlah kalian bersedekah untuk mayit kalian.”

Muhammad bin Muslim pernah bertanya kepada Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa): Bolehkah kami berziarah pada orang-orang yang telah meningga? Beliau menjawab: Boleh. Kemudian aku bertanya lagi: Apakah mereka mengenal kami ketika kami berziarah kepada mereka? Beliau menjawab: “Demi Allah, mereka mengenal kalian, mereka bahagia dan terhibur dengan kehadiran kalian.” Aku bertanya lagi: Apa yang harus kami baca ketika kami berziarah kepada mereka? Beliau menjawab: bacalah doa ini. (lihat doa berikutnya)

Imam Musa Al-Kazhim (sa) berkata:
“Barangsiapa yang tidak mampu berziarah kepada kami (Ahlul bait), maka hendaknya berziarah pada orang-orang shaleh yang berwilayah kepada kami, maka akan dicatat baginya seperti pahala berziarah kepada kami; dan barangsiapa yang tidak mampu menyambung silaturahim pada kami, maka hendaknya menyambung silaturahim pada orang-orang shaleh yang berwilayah kepada kami, maka akan dicatat baginya seperti pahala menyambung silaturahim pada kami.”

Imam Ali Ar-Ridha (sa) berkata:
“Barangsiapa yang mendatangi kuburan saudaranya yang mukmin, kemudian meletakkan tangannya pada kuburannya, dan membaca surat Al-Qadar (7 kali), maka ia akan diselamatkan pada hari kiamat.” Dalam hadis yang lain disebutkan: “dan menghadap ke kiblat.”

Syeikh Abbas Al-Qumi (ra) mengatakan: Pahala bacaan surat tersebut untuk orang yang membacanya, juga untuk penghuni kubur yang diziarahi. Karena hal ini dikuatkan oleh hadis-hadis yang lain.

Makruh Ziarah kubur di malam hari
Tentang makruhnya ziarah ke kuburan orang-orang mukmin di malam hari, Rasulullah saw bersabda kepada Abu Dzar: “Jangan sekali-kali kamu berziarah kepada mereka di malam hari.”

Adab dan doa ziarah kubur
Pertama: Ketika memasuki areal kuburan mengucapkan salam.
Abdullah bin Sinan pernah bertanya kepada Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa): Bagaimana cara mengucapkan salam kepada penghuni kubur? Beliau menjawab: Ucapkan:

اَلسَّلاَمُ عَلَى اَهلِ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ اَنْتُمْ لَنَا فَرْطٌ وَنَحْنُ اِنْ شَآءَ اللهُ بِكُمْ لاَحِقُوْنَ

Assalâmu ‘alâ ahlid diyâr, minal mu’minîna wal muslimîn, antum lanâ farthun, wa nahnu insyâallâhu bikum lâhiqûn.

Salam atas para penghuni kubur, mukminin dan muslimin, engkau telah mendahului kami, dan insya Allah kami akan menyusulmu.

Atau mengucapkan salam seperti yang diajarkan oleh Imam Ali bin Abi Thalib (sa):

اَلسَّلاَمُ عَلَى اَهْلِ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ مِنْ اَهْلِ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ، يَا اَهْلَ لاَ اِلَهَ اِلاَّ بِحَقِّ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ كَيْفَ وَجَدْتُمْ قَوْلَ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ مِنْ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ، يَا لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ بِحَقِّ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ اِغْفِـرْ لِمَنْ قَالَ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ، وَاحْشَـرْنَا فِي زُمْرَةِ مَنْ قَالَ لاَاِلَهَ اِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ عَلِيٌّ وَلِيُّ اللهِ

Assâlamu ‘alâ ahli lâ ilâha illallâh min ahli lâ ilâha illallâh , ya ahla lâ ilâha illallâh bihaqqi lâ ilâha illallâh kayfa wajadtum qawla lâ ilâha illallâh min lâ ilâha illallâh, ya lâ ilâha illallâh bihaqqi lâ ilâha illallâh ighfir liman qâla lâ ilâha illallâh, wahsyurnâ fî zumrati man qâla lâ ilâha illallâh Muhammadun Rasûlullâh ‘Aliyyun waliyullâh.

Salam bagi yang mengucapkan la ilaha illallah dari yang mengucapkan la ilaha illallah, wahai yang mengucapkan kalimah la ilaha illallah dengan hak la ilaha illallah, bagaimana kamu memperoleh kalimah la ilaha illallah dari la ilaha illallah, wahai la ilaha illallah dengan hak la ilaha illallah ampuni orang yang membaca kalimah la ilaha illallah, dan himpunlah kami ke dalam golongan orang yang mengu¬cap¬kan la ilaha illallah Muhammadur rasululullah Aliyyun waliyyullah.

Imam Ali bin Abi Thalib (sa) berkata: “Barangsiapa yang memasuki areal kuburan, lalu mengucapkan (salam tersebut), Allah memberinya pahala kebaikan 50 tahun, dan mengampuni dosanya serta dosa kedua orang tuanya 50 tahun.”

Kedua: membaca:
1. Surat Al-Qadar (7 kali),
2. Surat Al-Fatihah (3 kali),
3. Surat Al-Falaq (3 kali),
4. Surat An-Nas (3 kali),
5. Surat Al-Ikhlash (3 kali),
6. Ayat Kursi (3 kali).

Dalam suatu hadis disebutkan: “Barangsiapa yang membaca surat Al-Qadar (7 kali) di kuburan seorang mukmin, Allah mengutus malaikat padanya untuk beribadah di dekat kuburannya, dan mencatat bagi si mayit pahala dari ibadah yang dilakukan oleh malaikat itu sehingga Allah memasukkan ia ke surga. Dan dalam membaca surat Al-Qadar disertai surat Al-Falaq, An-Nas, Al-Ikhlash dan Ayat kursi, masing-masing (3 kali).”

Ketiga: Membaca doa berikut ini (3 kali):

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَسْئَلُكَ بِحَقِّ مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ اَنْ لاَتُعَذِّبَ هَذَا الْمَيِّتِ

Allâhumma innî as-aluka bihaqqi Muhammadin wa âli Muhammad an lâ tu’adzdziba hâdzal may¬yit.
Ya Allah, aku memohon pada-Mu dengan hak Muhammad dan keluarga Muhammad janganlah azab penghuni kubur ini.

Rasulullah saw bersabda:
“Tidak ada seorang pun yang membaca doa tersebut (3 kali) di kuburan seorang mayit, kecuali Allah menjauhkan darinya azab hari kiamat.”

Keempat: Meletakkan tangan di kuburannya sambil membaca doa berikut:

اَللَّهُمَّ ارْحَمْ غُرْبَتَهُ، وَصِلْ وَحْدَتَهُ، وَاَنِسْ وَحْشَتَهُ، وَاَمِنْ رَوْعَتَهُ، وَاَسْكِنْ اِلَيْهِ مِنْ رَحْمَتِكَ يَسْـتَغْنِي بِهَا عَنْ رَحْمَةٍ مِنْ سِوَاكَ، وَاَلْحِقْهُ بِمَنْ كَانَ يَتَوَلاَّهُ

Allâhumarham ghurbatahu, wa shil wahdatahu, wa anis wahsyatahu, wa amin raw‘atahu, wa askin ilayhi min rahmatika yastaghnî bihâ ‘an rahmatin min siwâka, wa alhiqhu biman kâma yatawallâhu.

Ya Allah, kasihi keterasingannya, sambungkan kesendiriannya, hiburlah kesepiannya, tenteramkan kekhawatirannya, tenangkan ia dengan rahmat-Mu yang dengannya tidak membutuhkan kasih sayang dari selain-Mu, dan susulkan ia kepada orang yang ia cintai.

Ibnu Thawus mengatakan: Jika kamu hendak berziarah ke kuburan orang-orang mukmin, maka hendaknya hari Kamis, jika tidak, maka waktu tertentu yang kamu kehendaki, menghadap ke kiblat sambil meletakkan tangan pada kuburannya dan membaca doa tersebut.

Muhammad bin Muslim pernah bertanya kepada Imam Ja’far Ash-Shadiq (sa): Bolehkah kami berziarah ke orang-orang yang telah meningga? Beliau menjawab: Boleh. Kemudian aku bertanya lagi: Apakah mereka mengenal kami ketika kami berziarah kepada mereka? Beliau menjawab: “Demi Allah, mereka mengenal kalian, mereka bahagia dan terhibur dengan kehadiran kalian.” Aku bertanya lagi: Apa yang baca ketika kami berziarah kepada mereka? Beliau menjawab: bacalah doa ini:

اللَّهُمَّ جَافِ اْلاَرْضَ عَنْ جُنُوبِهِمْ وَ صَاعِدْ إِلَيْكَ أَرْوَاحَهُمْ وَ لَقِّهِمْ مِنْكَ رِضْوَانًا وَ أَسْكِنْ إِلَيْهِمْ مِنْ رَحْمَتِكَ مَا تَصِلُ بِهِ وَحْدَتَهُمْ وَ تُونِسُ بِهِ وَحْشَتَهُمْ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْ‏ءٍ قَدِيرٌ

Allâhumma jâfil ardha ‘an junûbihim, wa shâ’id ilayka arwâhahum, wa laqqihim minka ridhwânâ, wa askin ilayhim mir rahmatika mâ tashilu bihi wahdatahum, wa tûnisu bihi wahsyatahum, innaka ‘alâ kulli syay-in qadîr.

Ya Allah, luaskan kuburan mereka, muliakan arwah mereka, sampaikan mereka pada ridha-Mu, tenteramkan mereka dengan rahmat-Mu, rahmat yang menyambungkan kesendirian mereka, yang menghibur kesepian mereka. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.
(Disarikan dari kitab Mafatihul Jinan, pasal 10, hlm 567-570)

Baliton CLC Teknologi Ngedak Lantai Cepat, Hemat dan Kuat

Wassalam
Syamsuri Rifai
http://shalatdoa.blogspot.com
http://islampraktis.wordpress.com

About these ads

103 Responses

  1. Ass. Ustadz,
    Saya minta naasehat ust soal tahlilan, kumpul di tempat orang yang keluarga yg meninggal, berdoa 1-3 hari, terus hari ke 7, 40, 100 dst

    syukron

  2. Sangat bagus berta’ziyah, ikut serta mendoakan keluarga yg sdg berduka, doakan juga mayitnya dengan doa2 dari Ahlul bait (sa).

    Wassalam
    Syamsuri Rifai

  3. [...] dan Doa Ziarah Kubur Adab dan Doa Ziarah Kubur Sekitar Persoalan Penghuni kubur Rasulullah saw bersabda: “Berilah hadiah mayit-mayitmu.” [...]

  4. [...] Adab dan Doa Ziarah Kubur [...]

  5. Assalamu’laikum Warrahmatullah Wabarakatuh,….
    Syukron katrsiron ya ustadz,….
    Sebagai orang awam yang sedang dalam menjajaki proses untuk bertaqarrub kepada Allah SWT, saya ucapkan terima kasih karena ulasan-ulasan wawasan keislamian saya semakin bertambah,…
    saya ingin bertanya ustadz,
    1. Bagaimana Hukumnya orang uang berziarah menggunakan instrumen2 jawa spt : kemenyan, bunga, dupa ?
    2. Apakah bahaya dari Riya’ solusi supaya tidak riya’?
    karena masih banyak di lungkungan saya yang percaya akan hal-hal gaib yang tidak masuk akal….
    Wassalamu’alaikum …….

  6. Soal pakai minyan, dupa, wangi2an dan lainnya sepanjang niatnya benar, tidak apa2. Yakni sepanjang tidak ditujukan utk menghadirkan jin dan istikhdharur ruh. Istikhdam jin dan istikhdharur ruh hukumnya haram sekalipun di rumah, dimanapun tempatnya, bukan hanya di kuburan.

    Riya’ bahaya bisa menghapus nilai kebaikan amal. Yang dibolehkan hanya sebagai latihan utk menghilangkan penyakit bakhil. Karena penyakit bakhil lebih bahaya daripada riya’.

  7. assl.
    Ustd, saya mau nanya doa apa yang harus kita kirim untuk orang tua (bapak) yang sudah almarhum dan kita masih terus terbayang wajahnya.
    terima kasih

  8. Ass, untuk orang tua yg sdh Al-Marhum sebaiknya ziarah ke kuburnya. Kl di rumah paling tdk malam Jum’at, lakukan shalat utk Ortu, kemudian baca surat Al-Fatihan, lalu baca doa utk ortu. Bisa juga sedekah yang diniatkan utk Ortu.

    utk detailnya ziarah kubur dan doanya sdh ada di blog ini.

  9. assl.
    Ustd, saya mau nanya lagi nih, untuk sholatnya niatnya apa dan rakaatnya berapa ya?
    saya mau nanya lagi, roh orang yang sudah meninggal, apa masih ada di sekitar kita selama 40 hari.
    terima kasih ustd.
    Assl.

  10. Ass, utk Pak Benyto.
    Shalat utk ortu dua rakaat. Shalat ini dikenal dg shalat Birrul walidayn, shalat utk berbakti pada ortu. Caranya scr lengkap ada di eBook shalat dan doa utk Ortu.
    Ruh yg mati bukan hanya selama 40 hr. Setiap saat kita bs berhubungan. Dlm hadis2 Nabi saw dan Ahlul bait (sa) org yg sdh meninggal diberi kesempatan utk berkunjung pd anak2 dan keluarganya 1 minggu sekali yaitu kamis sore hingga bakdah shalat jum’at.

    • Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: “Roh itu termasuk urusan Tuhan-ku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit.” (17. Al Israa’ 85). Kalau Roh Boleh Balik Macam Mana Dengan Soal Jawab Kubur Ada Time off Ke???

      • Roh itu tdk terikat dg deminsi ruang dan waktu. bolak balik itu adalah pandagan yg terikat dg ruang dan waktu.

  11. assl.
    pak ustad, bagaimana caraqnya saya mendapatkan ebooknya.
    terima kasih

  12. Ass.Wr. Wb
    Saya baru dengar ada sholat untuk orang tua 2 rakaat, ini darimana dasarnya, adakah contoh dari nabi atau adakah nabi mengajarkannya, atau pernahkah ini dikerjakan oleh orang2 terdahulu (contoh para sahabat), trims.

  13. Shalat ini diajarkan oleh Rasulullah saw kepada Ahlul baitnya (sa) atau keluarganya.

  14. Rasulullah saw bersabda:
    “Sesungguhnya setiap Jum’at arwah orang-orang mukmin datang ke langit dunia vertikal dengan rumah mereka, seraya masing-masing mereka memanggil dengan suara yang sedih sambil menangis: wahai keluargaku, anak-anakku, ayahku dan ibuku, kerabatku, sayangi kami niscaya Allah menyayangi kalian dengan hadiah yang kalian berikan pada kami. Celaka kami (karena harta kami), kami yang dihisab, orang lain yang mengambil manfaat.”

    SAYA CUMA MAU NANYA USTADZ..INI HADITS DAPAT DARI MANA? BISA GAK KASIH REDAKSI ASLINYA?

  15. Dari kitab2 hadis yg bersumber dari Ahlul bait Nabi saw. Anda bisa cek kitab Al-Wasail, Mustadrak Al-Wasail, dan kitab2 hadis lainnya, bab adab ziarah kubur.

  16. assalamu’alaikum

    Ust. saya mau tanya tentang sholat sunnah unus (menghibur jenazah). tolong dikirimkan artikelnya ust. terima kasih

  17. Insya Allah di blog ini ada, silahkan cari dan copy-paste.

  18. dari ummul mukminin ummu abdillah aisyah rodiallohu ‘anha ia mengatakan rosululloh saw bersabda : “barang siapa yang mengada-adakan dalam ursan agama kami ini yang bukan berasal darinya maka amalan tersebut tertolak (HR. bukhori dan muslim)
    “barang siapa yang melakukan suatu amalan yang tidak kami perintahkan maka ia tertolak” (HR.muslim) lihat syarah arba’in an-nawawi .
    saudaraku teliti keshohihan dalil sebelum menyampaikan ! situs sunnah yang bisa anda kunjungi www. yusuf-istiqomah. blogspot. http://www.hasmi.org. www. fajrifm.com . semoga bermanfaat……………..!!!

    • http://hasmi.org/adab-adab-ziarah-kubur/ -> adanya cara mengucapkan salam dan mengingat kematian. Untuk doanya sendiri bagaimana? bagaimana dengan membaca alquran? Mohon informasinya mas abdurrohman dan pak syamsuri. Terima kasih

      • dalam tulisan saya itu sdh jelas adab dan doanya. memang dlm hal ini bermacam2 doa. tapi dlm tulisan saya ini yg bersumber dari Rasulullah dan Ahlul baitnya (sa).

  19. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Pak Ustaz saya mau tanya tentang doa seorang menantu untuk ibu mertuanya yang telah meninggal dunia, apakah doa dari saya sama besaran pahalanya dengan doa anak kandungnya sendiri (istri saya). terima kasih

  20. [...] Sekitar Persoalan Penghuni Kubur Desember 21, 2009 — dayahdarulkhairat Adab dan Doa Ziarah Kubur [...]

  21. [...] Sekitar Persoalan Penghuni Kubur Posted 21 Desember 2009 Filed under: Orang Yang Anti Mazhab Ternyata Membuat Mazhab | Adab dan Doa Ziarah Kubur [...]

  22. makasih bos atas semua postingnya, kalo mo dapeting mengenai posting terbaru gimana caranya, kok ‘ngak da feed emailnya

  23. Trims, sangat bermanfaat tidak seperti blog lain yang cuma copas.

  24. ASSALAMU’ALAIKUM..WR.WB
    Maaf Pak, saya mo nanya soal kebiasaan orang2 menaburkan bunga & menyiramnya 7x diatas makam saat berziarah. apa hal tsb ada dalil hadist Rasulullah SAW-nya?

  25. Assalamualaikum Ustaz
    saya ada kemusykilan tentang adab menziarahi kubur kerana pernah terbaca tentang larangan membaca al qur’an ketika menziarahi..tetapi melihat dari petikan hadis yang ustaz lampirkan itu saya menjadi tanda tanya yang mana satu sepatutnya yang harus saya ikuti..maaf saya hanya mencari kebenaran agar saya mudah di ikuti kerana biasanya saya membaca surah yasin jika menziarahi kubur ibubapa saya..adakah boleh membaca yasin kerana ia juga sebahagian dari qur’an..begitu juga saya membaca ayat kursi setiap selepas solat untuk di hadiahkan kpd penghuni kubur kerana ia dapat memberi cahaya kpd mereka…saya harap mendapat penjelasan yang lebih lanjut dari ustaz… dan semoga mendapat pahala dari apa yang dijelas nanti..terima kasih ustaz

  26. Terdapat hadits yang menyatakan nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a bagi penghuni kubur. Dari ‘Aisyah radliallahu ‘anha, dirinya berkata, “Pada suatu malam, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar dari rumah. Maka aku mengutus Barirah untuk membuntuti beliau, agar dirinya mengetahui kemana gerangan beliau pergi.” Aisyah melanjutkan, “Ternyata beliau pergi ke pemakaman Baqi’ul Gharqad. Beliau berdiri di ujung pemakaman tersebut sembari mengangkat tangannya (untuk berdo’a), kemudian beliau pun pergi. Barirah pun kembali dan memberitahukan hal tersebut kepadaku. Tatkala pagi menjelang, aku pun bertanya kepada beliau, “Wahai rasulullah, kemanakah gerangan engkau semalam?” Aku diperintahkan untuk pergi ke pekuburan al Baqi’ untuk mendo’akan mereka.”[10].

    Bagaimana dengan Hadits di ats, apakah derajnya Shahih,,,tlg penjelasannya

    • sepanjang suatu hadis tdk kontradiksi dg Al-Qur’an dan hadis yg bersumber dari Ahlul bait Nabi saw serta hadis2 mutawatir, maka hadis itu dpt diamalkan, apapun derajat hadis tsb.

      • Apa benar begitu pa kiyai.. apapun drajat hadits tersebut… termasuk yang maudhu’ yang saat ini sedang bertebaran di kalangan kaum muslimin.

      • Antum tak perlu khawatir, krn hadis2 dalam blog ini bersumber dari Ahlul bait Nabi saw, yg termaktub dalam kitab2 hadis yg ditulis oleh ulama2 Ahli hadis. Mereka telah menelitinya soal hadis shohih dan dhaif, apalagi hadis maudhu’. mereka jauh lebih paham soal itu ketimbang kita.

  27. assalammualaikum Pak Syamsuri Rifai,ana mau minta tolong,klau ziara kubur itu kan baca: ya rohman..trus selajut nya apa trima kasi ayef
    wassalam

  28. Sangat Bermanfaat buat kita semua…

  29. Assalamu ‘alaikum Warrahmatullahi Wabarakaatuh.
    Pak Ustad Saya Minta izin buat copy artikel bapak tentang Adab dan Doa Berziarah ke Kuburan.Kebetulan saya lagi nyari.Insya Allah buat saya pahami dibulan Ramadhan ini.Saya Ingin Mendoakan Saudara-saudara saya yang telah mendahului saya.Saya Rasa Artikel Pak Ustad sangat membantu saya, Insya Allah Ilmu Pak Ustad menjadi bermanfaat dan amal jariah. Amien
    Izin ya Pak Ustad

  30. Siapa yang dimaksud dengan “AHLU BAIT”??
    tolong jelaskan dengan seksama

  31. permisi pak mau tanya,penyajian atau”sajen”klo orang jawa bilang,yg biasannya berisi makanan,minuman kesukaan orang tua atau saudara” yg sudah meninggal,yg diletakkan dimeja terus di kasih lilin,itu boleh apa tidak ya pak..?,klo boleh doanya yg baik bagaimana ya pak..?,karena di tempat saya tradisi itu masih ada sampai sekarang.sekalin tanya pak,klo di acara syukuran/genduren itu setelah tahlil dan dzikir doanya apa ya,yg sebelum makan itu lo hehe.. ,terimakasih

    • untuk org yg sdh meninggal baca doa:
      Allahummaghfirlahu warhamhu, ya Allah ampuni dia dan sayangi dia. Kemudian membaca doa:
      اَللَّهُمَّ ارْحَمْ غُرْبَتَهُ، وَصِلْ وَحْدَتَهُ، وَاَنِسْ وَحْشَتَهُ، وَاَمِنْ رَوْعَتَهُ، وَاَسْكِنْ اِلَيْهِ مِنْ رَحْمَتِكَ يَسْـتَغْنِي بِهَا عَنْ رَحْمَةٍ مِنْ سِوَاكَ، وَاَلْحِقْهُ بِمَنْ كَانَ يَتَوَلاَّهُ
      Ya Allah, kasihi keterasingannya, sambungkan kesendiriannya, hiburlah kesepiannya, tenteramkan kekhawatirannya, tenangkan ia dengan rahmat-Mu yang dengannya tidak membutuhkan kasih sayang dari selain-Mu, dan susulkan ia kepada orang yang ia cintai.

  32. Assalammualaikum Ustaz. Minta izin untuk saya salin dan guna pakai adab ziarah kubur dari blog ustaz ini. Sekurang-kurangnya saya dah tahu apa yang hendak dibaca dan didoakan ketika melawat kubur nanti. Terima kasih.

  33. Wahai saudara ku,ingat dunia bukan lah tempat terakhir Qta.
    Namun akhiratlah tempat yg kekal bagi Qta

  34. Selamat berdakwah.. Lanjutkan postingan yg pnuh barokah. Jangan pedulikan ocehan org org yg anti ziarah kubur n anti maulid nabi dan juga anti madzhab. Allah akbar

  35. Assalamualaikum Wr.Wb.
    Pak Ustaz saya mau tanya tentang doa seorang ayah untuk putrinya yang telah meninggal dunia ketika ziarah kuburnya dan setiap selesai shalat
    wassalam

  36. makasi pak ustd..pencerahan ziarah qubur

  37. Assalamu’alaykum Ustad..
    Saya tuh sering banget.kalau ziarah di makam ulama di malam hari.karna saya ga tau bahwa ziarah di malam hari hukumnya makruh…apah saya berdosa???

  38. ass ustadz..saya mohon ijin untuk mengamalkan amalam..doa kubur dan saya sangat berterima kasih..

  39. ass ustadz
    terimakasih dan sangat bermanfaat sekali…
    apakah ada doa tawasul nya …
    terimakasih

  40. pak ustadz mohon ijin di copy ya bwt menambah wawasan saya

  41. Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh…ustadz…. apa benar WANITA di laknat kalau ke makam untuk berziarah…..sekian terima kasih wassalamu’alaikum warah matullaahi wabarakatuh

  42. pak contoh ziarah kubur sesuai syareat rasul yang benar yang
    bagaimana ???? mohon rujukannya yang jelas ….trims banyak

  43. Assalamu’alaikum Warahmatullahi wabarakatuh…ustadz
    mohon ijin untuk share artikel ini ke blog saya…..
    terimakasih untuk pencerahannya….

  44. ass, Alhamdulillah infonya…

  45. assalamualaikum pak ustad..
    saya mau tanya ni, ibunya teman saya meninggal tgl 18 juni kemarin.. terus malam harinya teman saya waktu tidur terbangun sebentar dan melihat ibunya berdiri di dekat lemari sambil melihat teman saya.. kata teman saya itu bukan seperti mimpi, tapi itu seperti nyata..
    pertanyaan saya apa benar orang yang sudah meninggal bisa menampakkan dirinya ke manusia ?? dan apa benar yang dia lihat itu adalah ibunya ?? jika iya , lantas kiranya apa maksud kedatangan ibunya tersebut ??
    terimakasih pak ustad

  46. ustad mw tanya kalau baca yasin dikubur too dlarang yy wktu ziarah……. dan minta doakan org untuk org yang udah ninggal itu pahalanya nyampe ke org yg ninggal g ………. jawab na sert riwayat hds atw alquran yyyy ustad makasih

  47. assalamualaikum pak ustad..
    mau tanya, kalau kita datang ke kuburan, sementara dikuburan tersebut banyak keluarga kita misalnya ayah, nenek, anak, mertua, sudara dekat dll, bagaimana mengamalkan Doa Ziarah Kubur tsb, apakah satu2 setiap kuburan atau bisa disatukan di satu kuburan misalnya dikuburan yang paling tua (nenek) ?? terima kasih wass.

  48. Assalam w w, Pak Ustadz, saya mau tanya, saya pernah lihat ada tradisi pd saat mengantar jenazah ke Kuburan, sambil diiringi menabur bunga, beras, bahkan uang. Bagai mana hukumnya. Tolong jelaskan Wassalam.

    • Sepanjang tidak salah niat dan keyakinan tidak ada masalah. sebagian dari hanya tradisi.

  49. Saya sangat mencintai AHLUL BAIT, ahlul bait itu keluarga RosuluLLOH, namun kalau anda mencaci Sahabat Abu Bakar, Sayyuidah Aisyah Rha, maka kami sangat tidak rela, dan kalianpun pasti mendapat celaan dari Nabi agung Muhammad SAW.

  50. ass, saya mau bertanya…ap hukumnya qta berdoa atw membacakan surat yaasin ketika qta berziarah…sedangkan ad yg berpendapat bahwa berdoa itu tidak boleh di kuburan karena tempatnya tidak suci…alangkah lbh baikny berdoa itu di tmpt yg suci atw d mesjid….bagaimana dgn pndapat itu? dan doa apa sajakah yg harus qta baca ketika qta sedang ziarah kubur? tolong jelaskan terima kasih…wassalam

  51. ass pak uztad gimana klo saya berziarah ke 3 kubur yang lokasix berdekatan,apakah saya harus membacakan doanya di tiap makam?

  52. Assalamu’alaikum…. Saya sangat Bertrimaa ksih atas ajaran2 ni.q yg ADA d perantauan q memahami tntang ziarah kubur,dg ni q bs pham n lhat baca kooment jdi senang.

  53. assalamualaykum ustad, mohon kiranya di post kan doa baca alquran, tahli untuk disampaikan pahalanya kepada para almarhum da almarhumah, tetimakasih, wassalamualykum wr wb.

  54. Assalamu’alaikum Wrwb. Mohon maaf Ustadz saya ijin download & print out atas do’a-do’a dll. Maaf n Tks.

  55. ijin copas ustadz,sangat bermanfaat

  56. pak ustaz ada g,k kitab yang bahas tentang ziarah qubur..dan hadist-hadist saheh..aku juga bingung yg benar bagaimana,,tolong beri petunjuk pak ustz terimakasih pak ustaz

    • Untuk meneliti hadis shohih dan hadis dhoif itu sangat sulit, itu ulama ahli hadis. Kita sebaiknya merujuk kepada ulama yang pakar dlm bidang ilmu hadis. Kitab yg saya jadikan rujukan topik ini adalah ulama ahli hadis yg sangat paham ttg hadis shohih dan hadis dhoif.

  57. baca an surat untuk sholat taubat apa aj y ??

  58. mantap.. Pa ustad..

  59. mas isinya.bagus n jelas ga akan jadi bahan perdebatan. ..maaf klo.boleh saya minta bisa di email ga bacaan mas ziarah beserta arti dri bacaan trsebut mohon bantuannya yah mas..saya sedang mengumpulkan.semua ilmu2 allah yang ada di dunia ini..mudah2an bahan dari mas bermanfaat..n dapt berkahnya juga dri allah..kirim yaahh….syukron..barokallahufik

  60. Doa tsb bisa dicopy-paste scr langsung.

  61. alhamdulilah mudah2han ziarah kubur kita di terima oleh alloh subhanahu wata allah amin…

    • Ass. Wr. wb.
      Ustd, saya mau tanya, di hp saya kan terdapat doa2 ziarah kubur, tetapi saya tidak mampu utk menghafalkannya, bolehkah kita berdoa sambil melihat(pandangan mata ke doa2 yg d hp).. Trma ksh, wass. Wr. wb.

  62. ini blog baru blog yang benar2 teruji pengetahuan keislamannya, bukan seperti blog2 wahabi yang ada cuma menghujat dan mengkafirkan orang lain dengan membabi buta. kalau ini bisa menjadi referensi pemahaman ke islaman saudara, terimakasih postingannya yang sangat bermanfaat

  63. mo tanya ustd : do’a u/ ziarah selain yg diatas ada ga y

  64. Ass : mo tanya sebaik nya do’a waktu jiarah baca apa ya, wkt jiarah, saya ditunjuk untuk membaca do’a, krn saya bingung saya pake bahasa indonesia ja

    trims
    Wassalam

  65. salam pak ustadz,,,izin copy paste ya,buat hapalan saya..

  66. samal pak ustadz,,,izin copy paste ya,buat hapalan saya..

  67. p. uztad saran klo bisa tulisan arabnya di gede-gedein dong biar gampang bacanya (aku kan lg belajar baca tulisan arab gitu lho…) & klo boleh di copy paste.. hehehe (buat diapalin)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 94 other followers

%d bloggers like this: