Adab dan Doa Aqiqah

Setiap orang tua tentu mendambakan putera dan puteri yang shaleh dan shalehah, berbakti dan mengalirkan kebahagiaan kepada kedua orangnya. Aqiqah adalah salah satu acara
penting untuk menanamkan nilai-nilai ruhaniah kepada anak yang masih suci. Dengan Aqiqah diharapkan sang banyi memperoleh kekuatan, kesehatan lahir dan batin. Lahir dan batinnya tumbuh dan berkembang ldengan nilai-nilai Ilahiyah. Dengan Aqiqah juga diharapkan sang
bayi kelak menjadi anak yang shaleh dan berbakti kepada kedua orang tuanya. Jika acara ini dilaksanakan dengan tulus-ikhlash dan dijiwai nilai-nilai ruhaninya oleh kedua orang tuanya, tentu akan berpengaruh terhadap perkembangan jiwa dan ruhani sang bayi.

Aqiqah adalah salah satu acara ritual di dalam Islam, yang dilaksanakan pada hari ketujuh dari kelahiran seorang bayi. Aqiqah hukumnya sunnah muakkad (mendekati wajib), bahkan sebagian ulama menyatakan wajib.

Adab-adab Aqiqah yang terpenting adalah:

• Paling utama aqiqah dilaksanakan pada hari ketujuh dari kelahiran sang bayi.
• Memberi nama, mencukur rambut kemudian ditimbang dengan emas atau perak sesuai dengan kemampuan orang tuanya, kemudian disedekahkan.
• Memotong kambing, disunnahkan kambing jantan untuk laki-laki, dan betina untuk perempuan. Sebagian ulama mengatakan: yang paling utama adalah kambing jantan untuk laki-laki juga perempuan.
• Dianjurkan kedua orang tuanya tidak memakan daging aqiqah anaknya, termasuk keluarga dari kedua orang tuanya. Khusus bagi ibunya hukumnya makruh syadid (mendekati haram) makan daging aqiqah anaknya.
• Kaki dan paha binatang aqiqah diberikan kepada orang-orang yang membantu dalam melahirkan sang bayi.
• Tulang-tulang binatang aqiqah disunnahkan dibungkus dengan kain putih kemudian dikubur.
• Yang utama undangan pada acara aqiqahan: ulama dan orang-orang yang fakir.
• Membaca doa berikut ini ketika menyembelih binatang aqiqah:

بِسْمِ اللهِ وَبِاللهِ، اَللَّهُمَّ عَقِيْقَةٌ عَنْ فُلاَنِ بْنِ فُلاَن لَحْمُهَا بِلَحْمِهِ وَعَظْمُهَا بِعَظْمِهِ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْهَا وِقَآءً لآلِ مُحَمَّدٍ عَلَيْهِ وَآلِهِ السَّلاَمُ

Bismillâhi wa billâhi, Allâhumma `aqîqatun `an fulan bin fulan, lahmuhâ bilahmihi wa `azhmuhâ bi`azhmihi. Allâhummaj`alhâ wiqâan liâli Muhammadin `alayhi wa âlihis salâm.

Dengan nama Allah dan dengan Allah, aqiqah ini dari fulan bin fulan, dagingnya dengan dagingnya, tulangnya dengan tulangnya. Ya Allah, jadikan aqiqah ini sebagai tanda kesetiaan kepada keluarga Muhammad saw.

Atau membaca doa berikut ini:

يَا قَوْمِي اِنِّي بَرِيْءٌ مِمَّا تُشْرِكُوْنَ. اِنِّي وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِي فَطَرَ السَّمَاوَاتِ وَالأَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ. اِنَّ صَلاَتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي للهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. لاَشَرِيْكَ لَهُ وَبِذَالِكَ اُمِرْتُ وَاَنَا مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ. اَللَّهُمَّ مِنْكَ وَلَكَ بِسْمِ اللهِ وَبِاللهِ وَاللهُ اَكْبَرُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ وَتَقَبَّلْ مِنْ فُلاَنِ بْنِ فُلاَن

Yâ qawmî innî barîum mimmâ tusyrikun. Innî wajjahtu wajhiya lilladzî fatharas samâwâti wal ardha hanîfan musliman wa mâ ana minal musyrikin. inna shalâtî wa nusukî wa mahyâya wa mamâtî lillâhi Rabbil `alamîn. La syarîka lahu wa bidzâlika umirtu wa ana minal muslimîn.
Allâhumma minka wa laka bismillâhi wa billâhi wallâhu akbar. Allâhumma shalli `alâ Muhammadin wa âli Muhammad wa taqabbal min fulan bin fulan.

Wahai kaumku, aku berlepas diri dari apa yang kamu sekutukan. Aku hadapkan wajahku kepada Zat yang menciptakan langit dan bumi karena cenderung kepada kebenaran dan berserah diri kepada-Nya dan aku tidak termasuk kepada orang-orang yang musyrik. Sesungguhnya shalatku dan ibadahku, hidupku dan matiku hanya karena Allah Tuhan semesta alam. Tiada sekutu bagi-Nya dan dengan itu aku diperintahkan dan aku termasuk orang-orang yang muslim. Ya Allah, dari-Mu, karena-Mu, dengan nama-Mu dan dengan-Mu, Allah Maha Besar. Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, terimalah (aqiqah ini) dari fulan bin fulan.
(Mafatihul Jinan, bab 6, halaman 493-501)

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN
ARTIKEL ISLAMI DAN AMALAN PRAKTIS
KUMPULAN HADIS DAN MUTIARA HIKMAH

Wassalam
Syamsuri Rifai
http://shalatdoa.blogspot.com
http://islampraktis.wordpress.com

About these ads

45 Responses

  1. mohon penjelasan di sertakan hadist2 berkaitan dengan adab2 aqiqah utk poin ke 4, 5 dan 6…

    terimakasih..

  2. Insya Allah, tapi jika Anda mau melacak sendiri hadis2 tersebut, silahkan baca kita Al-Wasail bab Aqiqah, atau kitab Biharul Anwar, bab Aqiqah. Disana banyak sekali hadis2 ttg Aqiqah dan adabnya.

    Wassalam
    Syamsuri Rifai

  3. assalammualaikum,tolong terangkan kambing berapa ekor untuk anak lelaki dan anak perempuan. lembu berapa bahagian untuk anak lelaki dan perempuan.

  4. Wassalamu’alaiku wr.wb
    Yang disunnahkan utk aqiqah adalah kambing. Untuk anak lk2
    satu ekor kambing jantan, utk anak pr disunnahkan satu kambing betina. Tapi sebagian ulama mengatakan: yang paling utama adalah satu ekor kambing jantan, untuk anak laki2 juga utk anak perempuan.

    Wassalam
    Syamsuri

  5. Assalamualaikum, anak2 yang berumur 4 bulan, 6 dan 8 tahun masih boleh beraqiqah kah ? jika lembu yang dijadikan aqiqah berapa bahagian untuk lelaki dan berapa bahagian untuk perempuan?

  6. Assalamu’alaikum
    Untuk Pak Roslan bin Mohd Noh. Menurut tuntunan dari Rasulullah saw Aqiqah dianjurkan domba atau kambing. ttg kreteria2nya ada dlm blog ini.

  7. Assalamu’alaikum.
    mpohon sumber bahwa daging aqiqah tidakm boleh dimakan keluarga yang ber-aqiqah dasar nashnya.
    makasih

  8. Ass, silahkan Anda baca kitab Mafatihul Jinan dan kitab Al-Wasail atau kitab-kitab hadis yang bersumber dari Ahlul bait Nabi saw, bab Aqiqah.

  9. Aqiqah memang salah sunnah penting bagi kita , Artikel Bapak sungguh bermanfaat bagi kami yang kebetulan bergerak dalam jasa aqiqah.

  10. Ass Wr Wb, Pak Ustad mohon penjelasan apa bila aqiqah baru dilaksanakan tepat 40 hari sejak kelahiran dan didanai sebagian oleh kakek, mohon penjelasan apakah diperbolehkan dan bagaimana hukumnya, trimakasih atas pencerahannya.

  11. Boleh, tapi yg paling utama 7 hari dari kelahiran.

  12. pak apa bunyi doa aqiqah untuk anak laki-laki atau pun perempuan.

  13. pak tolongdong kasih tahu tentang doa-doa aqiqah anak.

  14. Ass, di Blog ini sdh ada doanya, tek arab juga ada bacaan teks latin dan terjemahannya.

  15. Ass.Wr.Wb.
    Yang saya ingin tanyakan,bolehkah aqiqah itu dilaksanakan setelah kita dewasa?karena orangtua saya waktu itu belum mampu untuk mengaqiqahkan anak-anaknya.Dan sekarang kami anak-anaknya merasa mampu untuk mengaqiqiah diri sendiri.
    Dan bagaimana hukumnya?
    terimakasih atas penjelasnya
    Wassalam.Wr.Wb

  16. picture pliz

  17. Apa hikmahnya laki-laki harus 2 kambing sedang perempuan 1 kambing?

  18. masih banyak yang perlu ana pelajari dari masalah keislaman, paling tidak itu bisa menjadi pembelajaran ana kedepan.

  19. apakah aqiqah boleh dengan kambing betina?

  20. Pak Syamsuri, saya mau tanya..

    anak kami laki-laki, dahulu kami tidak mengerti kalau aqiqah untuk anak laki-laki harus 2 ekor kambing, saat ini saya mau menambah 1 ekor kambing lagi boleh apa tidak, atau harus mengulang 2 ekor lagi?

  21. mantab banget isi blog mu bro..semoga blog mu ini kelak menjadi blog terdepan, tapi jangan lupa ikuti blog ku juga ya

  22. mantab banget isi blog mu bro..semoga blog mu ini kelak menjadi blog terdepan, tapi jangan lupa ikuti blog ku juga ya

  23. sumber Al qur’an dan hadist-hadistnya di cantumkan juga dong, saya takut ini hanya pendapat yang tidak dipertanggungjawabkan di hadapan Allah dan rosulnya

    Jazakillah khoiron

    • Pak, itu saya mengutip dari kitabnya ulama besar ahli tafsir dan hadis. Yakinlah ulama jauh alim dari kita.

      • Betul… Jangan merasa lebih alim dari para ulama terdahulu yang sudah banyak menerbitkan kitab-kitab dengan ilmunya, coba intropeksi diri bagaimana ibadah kita, sedalam apa ilmu kita… jangan ragukan ilmu para mujtahid, kita tinggal pilih banyak pendepat-pendapat para imam madzhab… kita punya nurani….fitrah yang suci anugrah ilahi… gunakan utk fadho’ilul a’mal…..

  24. Ass…,saya mau tanya Pak. Sblm nya saya mau crita dulu,saya punya ibu. Wkt kcl beliau blm di aqiqah sama ortunya. Klo skrg ibu saya mau aqiqah utk diri sendiri,dan di serahkan ke panti asuhan. Doa apa yg hrs ibu saya baca? Sblm dan sesdhnya,saya ucapkan trimakasih atas jawban nya.
    Wass…

  25. Asalammlaikum,

    Tuan, baru-baru ini saya telah mengambil seorang anak angkat berstatus anak luar nikah. Walaupun ada yang menghalang dan merasa tidak senang hati dengan tindakan saya ini saya tetap tekad mengambil anak tersebut. Kerana saya berpendapat bahawa anak tersebut tidak bersalah. Kesalahan ini bagi saya adalah kesalahan kepada kedua ibubapanya. Saya pernah terbaca bahawa setiap bayi yang lahir itu adalah bersih (tiada dosa) dan kedua ibu pada mereka yang bertanggungjawab mencoraknya (mendidik). Soalan saya :

    1. Apakah tindakan saya ini salah atau mempunyai kekuranganya..

    2. Saya berhasrat hendak melakukan akikah terhadap anak lelaki(anak angkat) saya ini.

    Bolehkah saya melakukan ibadat ini dan bagaimanakah cara-caranya.

    3. Untuk pendaftaran anak saya ini bolehkah saya meletakkan nama saya (dibinkan). Maksud saya, saya memang binkan dengan Bin Abdullah tetapi saya ingin menambah namanya Sifulan bin Abdullah@Nama Saya.

    4. Adakah anak luar nikah ini mempunyai kekurangannya dalam islam contohnya tidak boleh menjadi imam dalam sembahayang dan lain-lain.

    Saya harap pihak tuan boleh menjelaskan dan memberi penerangan terhadap soalan dan pemasalahan saya ini. Semuga dengan penjelasan yang tuan beri dapat membantu saya dalam mendidik anak saya ini dan berdoa agar tuan mendapat rahmat dari ALLAH SUBHANA WATTALLA. Sekian terima kasih.

    • Bapak boleh mengaqiqahi anak angkat Bpk. Anak tsb tdk berdosa, yg berdosa kedua orang tuanya. Soal tinjauan fiqih ada perbedaan pendapat.

  26. [...] dan Adab Aqiqah Oleh ijabikendari Adab dan Doa Aqiqah Posted on March 30, 2008 by Syamsuri Rifai Setiap orang tua tentu mendambakan putera dan puteri [...]

  27. Asslm.
    Ust. Apa benar orang yang melakukan aqiqah tidak boleh memakan dagingnya? Terlebih hukumnya mendekati haram?
    Apa alasan yang masuk akal dan mendasar ? Menurut saya kok kita kembalikan ke hukum asalnya saja, bahwa semua yang asalnya halal ya tetep halal. Yang penting dalam memakan daging aqiqah tidak berlebihan.

    Mana yang benar ? karena daklam sebuah artikel saya membaca ada rujukan Kitab Tuhfathul Maudud hal. 48-49 karangan Imam ibnu qoyyim dan Kitab al-Muwatho’ II/502 oleh Imam maliki.
    Demikian. Wassalam

  28. mau tanya nich, masalah fiqih ga begitu tahu. Aqiqah dalam mazhab ahlul bait untuk laki2 dan perempuan jumlahnya dibedakan apa tidak? yang saya tahu sunni laki2 dengan dua ekor sedangkan perempuan 1 ekor. makasih…

  29. aslm ust syamsuri..salam ukhuwah..:)

  30. pak, saya punya anak angkat, saya bingung untuk hukum mengaqiqahkannya itu, wajib atau sunah ya?

  31. salam
    saya nak tahu la…
    1) bolehkah saya aqikahkan anak lelaki saya dengan 1 bahagian lembu dan kemudianya seekor kambing.
    2) bolehkah dibuat pada hari yang berlainanan keduanya.(mengikut kemampuan saya)

  32. • Dianjurkan kedua orang tuanya tidak memakan daging aqiqah anaknya, termasuk keluarga dari kedua orang tuanya. Khusus bagi ibunya hukumnya makruh syadid (mendekati haram) makan daging aqiqah anaknya.
    • Tulang-tulang binatang aqiqah disunnahkan dibungkus dengan kain putih kemudian dikubur.

    Mohon dalil dan landasan untuk 2 item yang Bapak maksudkan ini… untuk yang kedua sepertinya malah terkesan klenik…

    • Kita orang awam, sebaiknya kepada ulama ahli hukum Islam dan ahli ilmu hadis spy tdk bingung. Krn ilmu hadis tdk mudah bagi org2 awam seperti kita. Kitab yg saya jadikan rujukan itu penulisnya ulama besar ahli hadis dan hukum Islam.

      Mengapa harus merujuk kepada ulama yg membidangi? krn ilmu2 Islam seperti samudra tdk semudah yg dibayangkan oleh org2 awam seperti kita, utk mendalaminya butuh puluhan tahun.

      • Saya menganjurkan, dalam persoalan amaliyah misalnya hukum dan akhlak seharusnya kita merujuk kepada ulama2 besar. Agar kita tdk salah dalam membuat kesimpulan. Krn hal2 tsb membutuhkan penguasaan ilmu yg mendalam. Beda halnya persoalan2 konseptual dan argumentatif. kita bebas menggunakan argumentasi dan dalil.

        Karena tdk ada seorang pun awam dalam mazhab/kelompok Islam, dlm persoalan2 amaliyah, yg tdk merujuk kepada ulama, setidaknya mereka merujuk kepada ustadnya yg merujuk kepada ulama dan fatwa2nya yg masih berbahasa arab.

        Tulisan tsb, terjemahan dari kitab yg ditulis oleh ulama besar ilmu hadis, akhlak dan fiqih. Jika anda percaya silahkan amalkan.

  33. Nice….

  34. Salam ustad,

    terimakasih atas tulisannya, karena bagi saya yang sedang mencari referensi mengenai aqiqah sangat bermanfaat, dan ada beberapa pertanyaan yang saya belum mengetahuinya ustad,
    1. “mencukur rambut kemudian ditimbang dengan emas atau perak sesuai dengan kemampuan orang tuanya, kemudian disedekahkan.” apakah harus dicukur ampai gundul dan apakah
    sedekahnya harus berupa perak/emas ataukah bisa diganti dengan uang?
    2. untuk memilih kambing apakah ada kriterianya? misal kambing umur berapa dan apakah cara menyembelihnya dan memasaknya ada
    aturannya ustad? soalnya ada teman yang bilang kalau tulangnya tidak boleh di potong dan daginganya tidak boleh dibakar.
    3. untuk pemberian nama kepada bayi apakah ada anjuran dan larangannya ustad?

    Terimakasih, mohon ustad berkenan untuk menjawab pertanyaan saya diatas.

    • Untuk memilih kambing dalam tulisan sdh ada kriterianya. Adapun pemberian nama, dianjurkan memilih nama atau dinisbatkan pada nama Nabi SAW dan orang2 suci.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 102 other followers

%d bloggers like this: