Kemajuan Teknologi Nano Iran

teknologi nanoRepublik Islam Iran terus berbenah demi meningkatkan kemampuannya di berbagai sektor, termasuk di bidang sains dan teknologi. Iran baru-baru ini menggelar acara pemberian penghargaan kepada orang-orang yang memiliki komitmen tinggi dan karya nyata di bidang teknologi nano.

Pada pertemuan yang dihadiri oleh wakil presiden Iran urusan sains dan teknologi, diberikan penghargaan mengenai teknologi nano untuk kategori peralatan dan produk terbaik, ahli spesialis teknologi nano terbaik, lembaga riset terbaik, laboratorium terbaik dan institusi media terbaik. Sorena Sattari, wakil presiden Iran urusan sains dan teknologi dalam acara tersebut menyinggung urgensi ekonomisasi teknologi nano. Sattari menegaskan, industri yang berpijak pada bahan mentah harus dihapuskan, dan kini industri harus berpijak pada pemikiran.

Selain keberhasilan dalam produksi pengetahuan, perusahaan baru, menengah dan besar di Iran yang bergerak di bidang teknologi nano menunjukkan berhasilnya memasarkan produk di bidang ini di pasar domestik dan sebagian di pasar global. Teknologi nano tersebut mencakup bahan material berbasis nano, hingga obat yang menggunakan teknologi nano.

Republik Islam Iran sejak tahun 2007 hingga kini berhasil menempati posisi tinggi di bidang teknologi nano di kawasan Timur Tengah. Ketua Dewan Pengembangan Nanoteknologi Iran, Saeed Sarkar mengungkapkan peningkatan ekspor Republik Islam di bidang teknologi nano ke luar negeri. Sarkar mengatakan, volume ekspor Iran di bidang teknologi nano meningkat tajam, dan akan mencapai nilai miliaran dolar di masa mendatang. Berbagai terobosan besar Iran di bidang sains dan teknologi medis, antariksa, nuklir, sel punca, infrastruktur teknik dan rekayasa, industri pertahanan dan militer merupakan bukti dari capaian ilmuwannya.

Republik Islam mencanangkan pengembangan dan kemajuan ekonomi berpijak dari sains, dan teknologi nano memberikan konstribusi yang tidak kecil. Data statistik produksi ilmu pengetahuan di Iran menunjukkan posisi tinggi negara ini dibandingkan negara-negara lainnya di kawasan Timur Tengah dan dunia Islam.
Terjadi percepatan jumlah karya para ilmuwan Iran, termasuk mengenai teknologi nano, dan konstribusinya di bidang ekonomi dan perdagangan dalam beberapa tahun terakhir ini dengan dukungan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang industri teknik.

Pada tahun 2005, Iran menempati peringkat ke-35 di bidang produksi ilmu pengetahuan untuk kategori teknologi nano di dunia.Tapi kemudian posisi tersebut terus diperbaiki. Posisi Iran di bidang teknologi nano terus melesat di peringkat 31 di tahun 2006. Kemudian, di tahun 2010, Iran bertengger di posisi ke-10. Tidak cukup di peringkat itu, Iran meningkatkan posisinya hingga meraih peringkat ketujuh dalam bidang produksi sains dan teknologi nano.

Salah satu bidang yang menjadi perhatian serius para ilmuwan dalam negeri Iran di bidang teknologi nano adalah nanofarmasi. Berbagai capaian besar itu diraih di tengah derasnya sanksi sepihak dan tidak adil dari negara-negara Barat, terutama AS terhadap Republik Islam.

Di bidang teknologi nano, Republik Islam Iran bukan hanya tidak tertinggal dibandingkan negara lainnya, termasuk negara-negara maju di bidang sains dan teknologi tinggi ini, bahkan negara ini telah berhasil mewujudkan sebagian targetnya yang disusun dalam proyeksi 20 tahun kemajuan sains dan teknologi Iran.(IRIB Indonesia/PH)

Teknologi Nano Penghemat BBM

Salam wa Rahmah
Syamsuri Rifai
http://islampraktis.com
http://shalatdoa.blogspot.com

3 Responses

  1. Nano Card Penghemat BBM, Ekonomi Kerakyatan https://nanopenghematbbm.wordpress.com/

  2. Iran memang negara yang luar biasa. Sejak dahulu saya kagum dengan negara ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: