Benarkah Arab Saudi Penyuplai Dana terbesar untuk Teroris?

Mari kita baca pernyataan mitra rezim Saudi:
Arab Saudi adalah satu-satunya penyumbang terbesar untuk pendanaan ekstremisme Islam dan tidak bersedia untuk menghentikan bantuan dana, menurut catatan yang bocor dari Hillary Clinton.

Clinton dalam sebuah memo rahasia mengatakan, donor Saudi masih merupakan sumber dana yang paling signifikan untuk kelompok teroris di seluruh dunia. Ditambahkannya, masalah ini telah menjadi tantangan yang berkelanjutan untuk membujuk para pejabat Riyadh agar menghapus pendanaan teroris.

Dalam kabel diplomatik terpisah yang diterbitkan WikiLeaks, kelompok militan yang melakukan pemboman Mumbai pada 2008, Lashkar-e-Toiba, dilaporkan punya simpanan dana yang aman di Saudi melalui salah satu cabang lembaga amal.

Arab Saudi bersama Qatar, Kuwait dan Uni Emirat Arab, dituduh gagal mencegah beberapa warga terkayanya untuk membiayai pemberontakan terhadap pasukan NATO di Afghanistan. Penggalang dana dari Taliban secara teratur melakukan perjalanan ke Emirat untuk mengumpulkan dana.

Memo tersebut menggarisbawahi bahwa AS mendukung ibadah umat Islam, tetapi menyatakan frustrasi bahwa mereka begitu mudah dimanfaatkan untuk mendanai terorisme.

“Pada 2002, pemerintah Saudi berjanji akan membentuk sebuah komite amal yang akan mengatasi masalah itu, namun belum diwujudkan.” (IRIB Indonesia/RM)

FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN
Keuntungan Pesan Website kepada kami
Cara Praktis, Hemat dan Cepat Ningkat Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: