Ikhwanul Muslimin Mesir Desak Kairo-Tehran Lanjutkan Kerjasama

Salah seorang pemimpin Ikhwanul Muslimin Mesir menekankan keharusan diperkuatnya hubungan Iran dan Mesir dalam kerjasama strategis di kawasan khususnya untuk mendukung bangsa Palestina.

Badr Mohamed Badr dalam wawancaranya dengan TV Alalam, Rabu (6/2) menilai berlanjutnya pertemuan antara pejabat Iran dan Mesir di berbagai tingkat dapat membantu menghadapi upaya-upaya yang mencoba mencegah terjalinnya hubungan kedua negara.

Ditambahkannya, “Pertemuan petinggi Republik Islam Iran dan Mesir serta pertukaran gagasan merupakan unsur baru dalam hubungan kedua negara, terutama jika Turki ditambahkan. Jika negara-negara itu mencapai kesepakatan, tidak hanya masalah Palestina, bahkan untuk menyelesaikan dunia Islam, mereka dapat menciptakan perimbangan baru di kawasan.”

“Salah satu faktor meletusnya revolusi 25 Januari adalah keikutsertaan rezim Mubarak dalam blokade Gaza, namun beberapa bulan terakhir kita menyaksikan langkah-langkah positif yang diambil Mesir terutama dalam upaya mencabut blokade dan menciptakan perdamaian serta rekonsiliasi nasional di Palestina,” tandas Badr.

Badr menilai kerjasama Iran dan Mesir harus ditingkatkan di bidang materi dan maknawi untuk menekan rezim Israel serta mendukung bangsa Palestina.

Pemimpin Ikhwanul Muslimin itu juga membantah berita yang mengatakan bahwa pemerintah Mesir khawatir dengan kedekatan Tehran dan Kairo. Ia mengatakan, “Sebagian kalangan berusaha untuk membesar-besarkan masalah hubungan Mesir dan Iran, namun kedua negara bersikap saling menguntungkan.”

Sikap Mesir terkait masalah Suriah, kata Badr, adalah menentang intervensi asing, diakhirinya pertumpahan darah dan mencegah kehancuran negara tersebut. Oleh karena itu Mesir mendukung perundingan pihak pemerintah Suriah dan oposisi. Selain itu, Mesir dan Iran juga melakukan upaya bersama untuk medekatkan dua mazhab besar Islam, Syiah dan Sunni. (IRIB Indonesia/HS)

FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN
ARTIKEL ISLAMI DAN AMALAN PRAKTIS
Cara Praktis, Hemat dan Cepat Ningkat Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: