Apa Kata Media Barat Soal Kunjungan Ahmadinejad ke Mesir ?

Mehrs News, Selasa (5/2) merilis laporan terkait reaksi sejumlah media Barat atas kunjungan Presiden Iran ke Mesir.

Televisi Amerika Serikat, CBS News terkait kunjungan Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad ke Mesir dan sambutan hangat Muhammad Mursi, sejawatnya dari Mesir, menulis, “Kunjungan Ahmadinejad ke Mesir adalah kunjungan bersejarah yang dilakukan setelah tiga dekade sejak putusnya hubungan diplomatik Iran-Mesir.”

CBS menambahkan, “Kunjungan Presiden Iran ke Mesir menunjukkan mulai membaiknya hubungan dua negara yang merupakan kekuatan besar kawasan, yang pertama memimpin kubu muslim Syiah dunia, dan yang kedua kubu muslim Sunni dunia.

Menurut CBS, negara-negara Teluk Persia terutama Arab Saudi menunjukkan kekhawatirannya merespon kunjungan Ahmadinejad ke Mesir.

Sementara itu, surat kabar Amerika Serikat, New York Times mengatakan bahwa kunjungan Ahmadinjead ke Mesir menunjukkan hangatnya kembali hubungan Mesir dan Iran. Pertemuan Ahmadinejad dan Mursi, kata New York Times, menandakan adanya perubahan perimbangan kekuatan di kawasan.

BBC Inggris mengutip statemen Kamel Amr, Menteri Luar Negeri Mesir terkait kunjungan Presiden Iran ke Kairo, menulis, “Akan tetapi membaiknya hubungan Iran dan Mesir tidak harus dibayar dengan rusaknya hubungan Mesir dengan negara-negara Arab di Teluk Persia.” (IRIB Indonesia/HS)

FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN
ARTIKEL ISLAMI DAN AMALAN PRAKTIS
Cara Praktis, Hemat dan Cepat Ningkat Rumah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: