Sebut Oposisi Suriah sebagai Teroris, AS Siapkan Skenario Baru

Pemerintah Amerika Serikat menyebut salah satu kelompok bersenjata anti-pemerintah Suriah sebagai kelompok teroris.

Pernyataan itu dikeluarkan setelah Barat berdiskusi panjang tentang kemungkinan intervensi di Suriah atau memasok persenjataan kepada kelompok pemberontak.

Washingtondiprediksikan akan mengumumkan Front al-Nusrah, salah satu kelompok bersenjata anti-pemerintah Suriah sebagai kelompok teroris asing. Diharapkan, keputusan ini akan memberi pengaruh penting bagi gerakan bersenjata melawan pemerintah Suriah.

Russia Today sebagaimana dikutip Tabnak, Sabtu (8/12) melaporkan, Kementerian Luar Negeri Amerika beberapa bulan terakhir sibuk mengumpulkan bukti dan dokumen terkait hal ini, dan banyak kalangan yang mengharapkan keputusan Washington tersebut bisa diumumkan sebelum pertemuan Friends of Suriah yang rencananya akan digelar 12 Desember di Maroko.

Sebelumnya, keputusan pemerintah AS itu akan diumumkan pekan ini, namun pejabat Gedung Putih memutuskan untuk menentukan waktu yang lebih tepat.

Washingtonmengaku, tujuan utama pencantuman nama Front al-Nusrah dalam daftar kelompok teroris adalah untuk mengisolasi kelompok-kelompok ekstrim, dan memberikan kekuatan yang lebih besar kepada koalisi oposisi Suriah yang baru terbentuk.

Front al-Nusrah adalah salah satu kelompok yang menentang dibentuknya koalisi baru tersebut, dan Amerika khawatir, pada saat Bashar al-Assad, presiden Suriah berhasil digulingkan, kelompok ini akan menentang kekuatan koalisi.

Sekitar sembilan persen anggota kelompok pemberontak bersenjata Suriah adalah anggota Front al-Nusrah. Sebagian besar sumber pendanaan kelompok ini berasal dari Arab Saudi.

CNN mengabarkan, Front al-Nusrah saat ini tengah bersiap melakukan operasi bom bunuh diri untuk menghancurkan markas-markas militer dan pusat intelijen pemerintah Suriah. Selain itu, kelompok ini berhasil menduduki sebuah wilayah di dekat Aleppo.

Oposisi Suriah yakin dengan memperhatikan kondisi saat ini, pencantuman nama al-Nusrah dalam daftar teroris dapat melemahkan posisi mereka di hadapan pemerintah.

Namun di sisi lain, ada kemungkinan, dengan melemahnya Front al-Nusrah, dan berlanjutnya penghentian pengiriman senjata Amerika ke kelompok oposisi lain, pada akhirnya Washington terpaksa untuk melakukan intervensi militer langsung di Suriah. (IRIB Indonesia/HS)

FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN
ARTIKEL ISLAMI DAN AMALAN PRAKTIS
KUMPULAN HADIS DAN MUTIARA HIKMAH

One Response

  1. Amerika itu bekerjasama dengan Saudi untuk kepentingan zionis, silahkan baca di: http://salafisejati.wordpress.com/artikel/

    Atau di: http://salafisejati.wordpress.com/berita-aktual/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: