Israel Diusik, AS-Kanada Desak Pejabat PBB Mundur

Pelapor khusus PBB tentang hak asasi manusia di wilayah Palestina, Richard Falk menyeru untuk memboikot semua perusahaan yang berurusan dengan permukiman Zionis di Tepi Barat dan Jerusalem Timur sampai mereka mematuhi standar hak asasi internasional.

Israel, Amerika Serikat dan Kanada menolak semua laporan Richard Falk, menuduh pelapor khusus PBB itu bias terhadap Tel Aviv dan menyerukan pemecatannya. Demikian dilaporkan Mehrnews pada hari Jumat (26/10).

Dalam laporan kepada Majelis Umum PBB, Falk mengatakan sejumlah perusahaan Israel yang berkantor pusat di AS, Eropa dan Meksiko tampaknya melanggar hak asasi manusia internasional dan hukum kemanusiaan dengan memanfaatkan sumber-sumber Palestina dan membantu Zionis membangun pemukiman ilegal.

Falk mengatakan seruan boikot merupakan upaya untuk mencegah pelanggaran serius terhadap hukum internasional. Menurutnya, Israel telah mengabaikan resolusi PBB yang mengutuk perluasan proyek permukiman Zionis.

Falk, seorang profesor hukum internasional di Princeton University, sebelumnya telah membuat marah Israel dengan membandingkan rezim Zionis dengan Nazi Jerman.

Dia menuding Israel melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan karena perlakuan mereka atas warga Palestina. Israel telah melarang Falk untuk mengunjungi wilayah Palestina.

Seorang juru bicara Menteri Luar Negeri Kanada John Baird, mengutuk laporan Falk sebagai “ofensif, dan tidak membantu.” Rick Roth mengatakan, Kanada menyerukan Falk untuk menarik laporan bias dan memalukan ini atau mengundurkan diri dari jabatannya di PBB.

Duta Besar AS untuk PBB Susan Rice juga menyebut Falk “sangat bias” dan menilai seruan boikot “tidak bertanggung jawab dan tidak dapat diterima.” (IRIB Indonesia/RM)

FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN
ARTIKEL ISLAMI DAN AMALAN PRAKTIS
KUMPULAN HADIS DAN MUTIARA HIKMAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: