AS akan Bentuk Struktur Baru dalam Pemerintahan Saudi

Sebuah koran Arab melaporkan rencana Amerika Serikat untuk membentuk struktur baru dalam pemerintahan Arab Saudi dan menjadikan Pangeran Bandar bin Sultan sebagai penguasanya.

Koran al-Hadath dalam laporannya menyebutkan bahwa Gedung Putih ingin menempatkan Pangeran Bandar bin Sultan sebagai penguasa Saudi menggantikan Raja Abdullah bin Abdul Aziz. Sebab Bandar bin Sultan adalah salah satu tokoh Saudi yang mempunyai hubungan luas dengan Washington dan Tel Aviv, dan direstui oleh Dinas Rahasia AS (CIA). Demikian Mehr News melaporkan, Kamis (18/10).

Al-Hadath mengutip sumber-sumber politik dan diplomatik yang dinilainya terpercaya menulis, Pangeran Bandar sudah tidak sabar menunggu kematian Raja Abdullah untuk berkuasa di negara kaya minyak ini.

Menurut keyakinan sumber-sumber ini, Bandar menguasai badan-badan keamanan pemerintah dan bahkan banyak pangeran Saudi yang mempunyai hubungan dekat dengan dinas-dinas intelijen asing juga mendukungnya.

Masih menurut sumber-sumber itu, Bandar menggunakan kesempatan masa sakit Raja Abdullah untuk melakukan perubahan di berbagai pusat kekuatan khususnya instansi yang ia bawahi yaitu lembaga intelijen Saudi, bahkan ia telah memecat sejumlah pangeran yang tidak selaras dengan kepentinganya.

Bandar bin Sultan membunyai hubungan luas di bidang intelijen dengan para pemimpin negara-negara tentangga dan juga dengan rezim Zionis Israel. Sebab, menurut pandangannya kerjasama dengan Israel sebagai salah satu langkah untuk menarik dukungan dari badan-badan intelijen AS.

Selain itu, Bandar berupaya menarik dukungan finansial dari kelompok-kelompok Wahabi dengan cara menegaskan kepada mereka bahwa pemerintah kerajaan Saudi adalah pemerintahan Salafi-Wahabi.

Tak hanya itu, Bandar juga akan menggunakan kelompok-kelompok Wahabi sebagai “tangannya” di berbagai negara dunia. (IRIB Indonesia/RA)

FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN
ARTIKEL ISLAMI DAN AMALAN PRAKTIS
KUMPULAN HADIS DAN MUTIARA HIKMAH

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: