Kedermawanan Memukau Orang Yahudi dan Masuk Islam

Wahai masyarakat! Kalian begitu takjub menyaksikan hamba Allah ini berhasil menggembirakan hati seorang mukmin. Padahal Rasulullah Saw pernah bersabda, “Pekerjaan terbaik setelah shalat adalah menggembirakan orang mukmin…”

Kejadian ini bermula ketika suatu hari Imam Husein as melewati sebuah gang. Beliau melihat seorang budak yang tengah memberikan makan seekor anjing. Menyaksikan itu, Imam mendekatinya dan bertanya, “Wahai hamba Allah! Mengapa engkau terlihat begitu menyayangi anjing ini?”

Budak itu menjawab, “Wahai anak Rasulullah! Hatiku tengah galau dan aku ingin sekali menggembirakan anjing ini agar kegalauanku juga lenyap.”

Imam berkata, “Apa yang membuat hatimu galau?”

Budak itu menjawab, “Tuanku seorang Yahudi. Hal itulah yang membuatku begitu sedih.”

Mendengar itu, Imam Husein as pergi menemui orang Yahudi itu dan berkata, “Wahai pria Yahudi! Bila engkau sudi, aku ingin membeli hamba sahayamu seharga 200 dinar.”

Pria Yahudi itu menjawab, “Budak ini menjadi tebusan langkahmu yang penuh berkah ke sini! Sejak saat ini ia menjadi milikmu, bahkan aku memberikan salah satu kebunku kepadanya.”

Imam Husein as mengucapkan terima kasih kepada pria Yahudi dan kepada budak itu Imam berkata, “Sejak saat ini engkau bebas dan bisa pergi ke mana saja yang engkau inginkan.”

Budak itu begitu gembira dengan kebebasannya, sehingga ia tidak dapat berbicara sepatah katapun.

Sementara istri dari pria Yahudi yang menyaksikan kedermawanan yang ada ini bersumber dari sikap Imam Husein as kemudian berkata, “Wahai Husein! Aku begitu terpukau dengan perilakumu yang dermawan. Oleh karenanya, aku ingin memeluk agama Islam.”

Pria Yahudi tampaknya juga tidak ingin ketinggalan. Ia berkata, “Saya juga menerima Islam sebagai agamaku. Sejak saat ini saya akan berusaha menjadi seorang muslim hakiki. Seorang muslim yang dermawan, berhati besar…”

Kisah ini begitu indahnya, sehingga dinukil dari mulut ke mulut oleh warga Madinah. Semua memuji perbuatan Imam Husein as yang indah.(IRIB Indonesia/Saleh Lapadi)

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: