Iran Menanti Kemajuan Mesir Pasca Transisi

Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi memuji revolusi rakyat Mesir melawan diktatorisme rezim era Hosni Mubarak dan menilainya sebagai titik bersejarah serta kemajuan yang signifikan di tingkat internal, regional dan internasional.

Hal itu dikemukakan Salehi dalam pertemuannya dengan sejumlah warga Mesir dari semua lapisan masyarakat di Tehran, Selasa (12/6).

Salehi menegaskan, “Setelah Mesir melewati masa transisi saat ini dan pemerintah pilihan rakyat terbentuk, kami berharap dapat menyaksikan tahap baru kemajuan di negara ini yang akan menjamin kepentingan Mesir, dunia Islam, dan yang terpenting, Palestina.”

Kekuasaan rezim despotik Hosni Mubarak berakhir pada bulan Februari 2011, menyusul revolusi rakyat negara itu.

“Pemerintah dan rakyat Iran tidak akan pernah lupa bahwa Mesir merupakan salah satu negara pertama yang menyambut Revolusi Islam Iran [tahun 1979],” tambah Menteri Luar Negeri Iran.

Pada bulan Februari 1979, setelah puluhan tahun perjuangan melawan rezim monarki despotik Mohammad-Reza Pahlevi, rakyat berhasil menggulingkan rezim dukungan AS dan mengakhiri kekuasaan Dinasti Pahlevi yang telah berkuasa selama 2.500 tahun di negara ini .

Dalam gerakan serupa, muncul gelombang perlawanan rakyat anti-kediktatoran yang dikenal sebagai Kebangkitan Islam, menghempas kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara dalam beberapa bulan terakhir yang hingga kini telah menggulingkan sejumlah diktator.

Di bagian akhir pernyataannya, Salehi berharap bahwa “siklus revolusi populer” di kawasan itu akan segera “dirampungkan” oleh kemenangan rakyat Palestina dalam perjuangan mereka melawan pendudukan Israel dan pengusiran para penjajah dari bumi Palestina. (IRIB Indonesia/MZ)

KEUTAMAAN BULAN SYA’BAN, Amalan dan Doa-doanya
AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: