Indonesia, Malaysia, Brunei dan Filipina Bicarakan Pembentukan EAGA

Seorang pejabat senior Indonesia mengatakan hari Senin (14/5) bahwa Indonesia, Brunei, Malaysia dan Filipina akan mendiskusikan kemungkinan membangun zona ekonomi khusus selama pertamuan Kawasan Pertumbuhan ASEAN Timur (EAGA) .

“Negara-negara mengharapkan bahwa di antara mereka akan ada batas yang lebih sedikit untuk kegiatan ekonomi dan karena itu akan mendorong investasi lebih lanjut,” kata Sekretaris Jenderal Kelautan dan Perikanan, Gellwyn Jusuf, dari Balikpapan, provinsi Kalimantan Timur.

Dia menambahkan bahwa prinsip utama dari dibentuknya zona ekonomi khusus di daerah luar empat negara ‘adalah timbal balik. “Kami ingin solusi win-win untuk semua orang di wilayah EAGA,” katanya dikutip oleh Pos online Jakarta mengatakan.

Lebih lanjut Gellywnn menyebut bahwa, pertemuan BIMP EAGA dapat menjadi sebuah momentum dan langkah strategis menuju pelaksanaan yang efektif serta memperkuat kerja sama antar wilayah untuk menjadikan kawasan ASEAN Bagian Timur sebagai lumbung pangan dunia guna mengantisipasi terjadinya krisis pangan dunia.

“Pertemuan ini juga membahas perkembangan dalam membentuk dasar realisasi Komunitas ASEAN tahun 2015, terutama melalui integrasi ekonomi regional untuk agroindustri dan perikanan serta kemajuan dalam pelaksanaan ASEAN integrated on Food Security (AIFS),” sambung Gellywnn. Pertemuan EAGA akan berlangsung dari 14 Mei – 16 Mei. (IRIB Indonesia/MF)

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: