Rusia Kecam Standar Ganda HAM AS

Komisaris HAM Rusia, Konstantin Dolgov mengecam Amerika Serikat karena melanggar hak asasi manusia dan menjatuhkan sanksi terhadap Iran dan Suriah di bidang teknologi.

Presiden AS Barack Obama mengeluarkan perintah eksekutif pada 23 April, memberikan hukuman bagi individu yang menggunakan teknologi untuk melakukan pelanggaran HAM, khususnya di Iran dan Suriah, kata Dolgov seperti dimuat di situs Kementerian Luar Negeri Rusia.

Dokumen itu lebih ditujukan untuk menekan negara-negara yang menentang pemerintah AS, termasuk untuk mencegah mereka memiliki akses ke teknologi canggih, tambahnya.

Keputusan itu juga menunjukkan bahwa AS kembali menggunakan slogan-slogan HAM dan demokrasi untuk tujuan-tujuan politik,” tegas pernyataan tersebut.

Dolgov menekankan bahwa sanksi sepihak seperti yang diberlakukan oleh pemerintah dan Kongres AS akan memiliki konsekuensi luar biasa dan kekhawatiran serius. Menurutnya, tindakan itu bertentangan dengan norma hukum yang diakui secara internasional dan akan merusak kerja kolektif untuk menyelesaikan isu-isu regional, terutama di PBB.

“Tidak ada pihak yang memberikan kewenangan kepada AS untuk bertindak sebagai hakim internasional atas kasus-kasus HAM,” tegasnya.

Pernyataan itu menandaskan bahwa AS telah memfokuskan perhatiannya untuk melembagakan standar kemanusiaan di negara lain, tapi tidak melakukan upaya serius untuk menyelesaikan masalah-masalah internalnya.

Dolgov mendesak pemerintah Washington untuk mengadili para pejabat dan tentaranya yang terlibat langsung dalam pelanggaran HAM di seluruh dunia, termasuk kasus penyiksaan di penjara Guantanamo dan Abu Ghraib, serta pembunuhan warga sipil oleh militer AS di berbagai negara.

“Praktek standar ganda tentang HAM tidak dapat diterima. Rusia dan sebagian besar masyarakat internasional menentang langkah tersebut,” tutupnya. (IRIB Indonesia/RM)

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: