Mahathir: AS tidak Mampu Hukum Iran

Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad dalam artikelnya, menyinggung kapasitas besar yang dimiliki Iran dan ketergantungan negara-negara Eropa terhadap minyak Republik Islam. Dikatakannya, kebanyakan negara tidak tertarik untuk bergabung dalam sanksi Amerika Serikat terhadap Iran.

IRNA, Selasa (10/4) melaporkan, Mahathir seraya mengkritik upaya AS untuk menghukum Iran, mengatakan AS tidak mampu menekan Cina, Rusia dan India untuk menerima sanksi Iran. Ditambahkannya, negara-negara Eropa juga tidak tertarik dengan kebijakan itu, karena mereka membutuhkan minyak Iran.

Mahathir menyampaikan hal itu menjelang babak baru perundingan antara Iran dan kelompok 5+1 untuk membahas isu nuklir Tehran.

Dia lebih lanjut menandaskan, meskipun adanya teknologi-teknologi baru, tapi permintaan minyak dunia cenderung meningkat dan saat ini konsumsi minyak di dunia sekitar 70 juta barel per hari.

“Prinsip yang tidak efektif dan kebijakan negara-negara konsumen minyak untuk menguasai dunia, telah mendorong penerapan sanksi dan perang terhadap negara-negara Muslim produsen minyak. Masalah ini tentu saja mempengaruhi produksi minyak,” tambahnya.

“Sekarang, AS tanpa mengindahkan undang-undang internasional dan PBB, telah menekan Iran sebagai salah satu produsen utama minyak dunia. AS juga sedang berupaya membujuk negara-negara lain untuk mengikuti kebijakan mereka,” kritik Mahathir.

Menurut Mahathir, kebijakan AS tidak sejalan dengan isu perdagangan bebas. Upaya Washington untuk menguasai hubungan negara-negara penghasil minyak, menunjukkan bahwa kebijakan negara itu bertentangan dengan prinsip perdagangan bebas.

“Selain itu, AS juga tidak komitmen terhadap kebebasan berdemokrasi. Mereka bahkan merampas kebebasan warganya dengan dalih ancaman terorisme,” ujarnya. (IRIB Indonesia/RM)

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: