Soal Minyak Iran, India Balas Mengancam AS

India memperingatkan Amerika Serikat terkait ancaman Washington baru-baru ini, yang akan memberlakukan sanksi terhadap New Delhi kecuali secara signifikan mengurangi impor minyak Iran mulai 28 Juni.

“Nada seperti itu tidak dapat diterima. Setiap langkah AS untuk menjatuhkan sanksi terhadap lembaga keuangan atau bank India yang bertransaksi dengan Iran, akan berdampak negatif pada hubungan bilateral New Delhi-Washington,” tulis India Today mengutip seorang pejabat senior pemerintah yang tidak disebutkan namanya pada Jumat (23/3).

Pada Selasa, AS mengumumkan akan membebaskan 10 negara Eropa dan Jepang dari hukuman untuk melakukan bisnis dengan Bank Sentral Iran. Ditambahkannya, negara-negara itu telah mengurangi pembelian minyak mereka dari Iran.

Departemen Luar Negeri AS juga meminta 12 negara, termasuk India, Cina, dan Rusia, untuk mengikuti langkah itu. Ditegaskannya, keputusan tentang pemberian sanksi keuangan terhadap mereka, tergantung pada kemajuan mereka dalam mengurangi pembelian minyak dari Tehran.

Pejabat India menggambarkan ancaman tersirat Washington terhadap New Delhi sebagai hal yang patut disayangkan. Menurutnya, ini akan mengubah persepsi publik di India terhadap AS.

India merupakan konsumen kedua terbesar minyak Iran setelah Cina dan mereka membeli sekitar 12 miliar dolar minyak mentah Iran setiap tahun atau 12 persen dari kebutuhannya.

Dalam laporan Bloomberg yang dipublikasikan pada Kamis, seorang pejabat AS terang-terangan mengancam India dengan sanksi jika mereka gagal untuk mengurangi pembelian minyak mentah dari Republik Islam. (IRIB Indonesia/RM)

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: