Harmoni Setan, Amerika dan AlQaeda Bersatu

Russia Today mengkonfirmasikan kerjasama interaktif Amerika Serikat dengan kelompok teroris AlQaeda dalam menggulingkan pemerintahan Suriah.

James Clapper, Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat, menyatakan bahwa AlQaeda tengah berkolaborasi dengan milisi Suriah penentang pemerintahan Presiden Bashar Assad, dan Washington juga meningkatkan dukungannya terhadap kelompok-kelompok milisi.

Editor majalah online Syria Comment, Camille Otrakji mengatakan, kedua pihak, saling beranggapan dapat bekerjasama untuk saat ini dan saling mengontrol. “Misalnya, AlQaeda saat ini beranggapan mereka dapat berkoalisi dengan Amerika Serikat atau kekuatan sekuler lainnya, akan tetapi nanti mereka akan merebut kekuasaan. Di satu sisi, Amerika Serikat juga beranggapan untuk sementara dapat memanfaatkan kekuatan AlQaeda sampai rezim Assad terguling, namun setelah itu AlQaeda juga akan diberangus. Jadi, sangat disayangkan, Amerika Serikat dan AlQaeda sedang berada di satu front.”

Kepada Russia Today Otrakji mengatakan, “Sebagian pihak benar-benar tidak memperhatikan fakta soal apa yang akan terjadi di Suriah pasca pemerintahan Bashar Assad? Sebagian pihak hanya berpikir untuk menghukum rezim al-Assad karena pada tahun 1982 dan pasca serangan Hizbullah terhadap pasukan Amerika Serikat di Lebanon, Damaskus mendukung Hizbullah.”

Seorang jurnalis dan aktivis perdamaian, Don Debar berpendapat bahwa Amerika Serikat juga beraliansi dengan AlQaeda di Libya. Dikatakannya, “Pertama, Amerika sudah sejak lama bersekongkol dengan AlQaeda di Libya. Kedua, jika kita melihat pada sejarah Al-Qaeda, Amerika sudah bekerjasama dengan kelompok teroris ini sejak era 70-an dalam memerangi Uni Soviet.”

Debar juga menyinggung statemen AlQaeda bahwa mereka mendukung kelompok-kelompok pemberontak, kelompok yang bukan hanya didukung, melainkan juga dipersenjatai dan dilatih oleh Amerika Serikat. “Dengan demikian, masalahnya bukan lagi pada apakah kerjasama itu akan terjadi, karena pada hakikatnya sudah terjadi.”

Amal Wahdan, seorang pengamat politik kepada Russia Today mengatakan, “Amerika Serikat tidak punya masalah jika seandainya AlQaeda menggunakan taktik brutal termasuk pengeboman yang merenggut nyawa warga sipil, selama mereka terus menyulut instabilitas yang pada akhirnya akan menggulingkan pemerintahan Bashar Assad.”

Di lain pihak, Jason Ditz, editor Antiwar.com berpendapat, “Amerika Serikat dan negara-negara Arab anggota Dewan Kerjasama Teluk (GCC) tengah mencari alasan untuk mengintervensi Suriah. Intervensi itu berpotensi memposisikan AlQaeda di puncak kekuasaan. Yang dikhawatirkan AS dan Arab, adalah kemungkinan munculnya kekuatan baru yang tidak pernah ada sebelumnya di Suriah, jika mereka melancarkan intervensi di Suriah.”

Sama seperti yang terjadi di Libya. Intervensi asing di Libya tidak menjadi obat penawar bagi krisis di negara itu pasca tumbangnya rezim Gaddafi. Namun para pejabat Amerika Serikat bersikeras mencari peluang untuk dapat terjun ke Suriah, meski tidak mendapat dukungan publik atau akan muncul konsekuensi negatif dari intervensi tersebut.

Menurutnya, pemerintahan Obama dan Republikan di Kongres memendam keinginan besar untuk menyulut perang baru meski akan ditentang keras oleh publik.
Ditz juga menegaskan bahwa Amerika Serikat dan sekutunya akan terus melanjutkan intervensi bersenjata dan tidak mempedulikan reformasi yang diupayakan oleh rezim Assad. Ditambah lagi fakta bahwa kelompok-kelompok oposisi Suriah juga tidak antusias untuk mencari solusi damai krisis, karena jika solusi itu ada maka mereka tidak akan berguna lagi.” (IRIB Indonesia/MZ)

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: