Iran Siap Putus Ekspor Minyak ke Eropa Sekarang Juga

Seorang anggota Dewan Pimpinan Komisi Energi Parlemen Republik Islam Iran, mengkonfirmasikan kesiapan penuh parlemen untuk membahas dengan segera rencana pemutusan ekspor minyak ke Eropa.

Moayyed Hoseini-sadr, dalam wawancaranya dengan Fars News (26/1), menyinggung keputusan Uni Eropa memboikot sektor minyak Iran dan mengatakan, “Sejumlah anggota parlemen telah mengajukan permintaan pemutusan ekspor minyak ke negara-negara anggota Uni Eropa. Keputusan itu dalam kondisi sekarang dan musim dingin saat ini, dipastikan akan mendaratkan pukulan telak bagi negara-negara Eropa.”

Dalam hal ini dikatakannya, “Mengingat tuntutan Eropa terhadap minyak Iran, jika Tehran segera memutus ekspor minyaknya, maka mereka (Eropa) akan kewalahan.”

Menurut Hoseini-sadr, jika minyak ekspor Iran ke Eropa yang mencapai 18 persen itu dihentikan, dipastikan selain kewalahan, Eropa juga akan menyadari kekuatan Iran dan memahami bahwa Republik Islam tidak akan “tawar-menawar” dengan politik Eropa.

Pejabat parlemen Iran itu lebih lanjut menegaskan bahwa masalah pemutusan ekspor minyak ke Eropa itu harus disikapi secara cerdas. Eropa saat ini menghadapi krisis ekonomi yang sangat buruk di dalam negeri termasuk lonjakan harga, inflasi, pengangguran, dan protes rakyat. Keputusan Iran untuk menghentikan ekspor minyaknya ke Eropa dipastikan akan melipatgandakan dampak krisis tersebut.

“Eropa tidak akan pernah mampu mencari pengganti minyak dari negara lain yang memiliki kualitas seperti Iran. Seandainya Arab Saudi menyatakan dapat memenuhi kekosongan minyak Iran, maka Riyadh telah mengambil langkah keliru karena pertama mereka tidak akan mampu memberikan bantuan minyak kepada Eropa dan kedua pemerintah Saudi akan menghadapi protes meluas rakyatnya,” jelas Hoseini-sadr.

Jika para anggota parlemen berpendapat bahwa ekspor minyak Iran ke Eropa harus dihentikan, maka parlemen tidak akan mengulur-ulur waktu dalam hal ini. Bahkan Komisi Energi Parlemen dapat memutus eskpor minyak ke Eropa hanya dalam waktu dua atau tiga hari serta mengumumkannya. (IRIB Indonesia/MZ/SL)

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: