Rusia Serahkan Pesawat Tempur ke Suriah, Washington Tidak Terima

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat, Victoria Nuland menyatakan, Washington meminta pemerintah Rusia memberikan keterangan mengenai penyerahan persenjataan kepada Suriah. Namun Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, menyatakan bahwa Moskow tidak perlu memberikan keterangan apapun tentang hubungannya dengan Damaskus kepada Amerika Serikat.

Fars News (24/1) mengutip laporan Interfax menyebutkan, Nuland menegaskan bahwa para pejabat Washington mendesak Moskow memberikan keterangan soal penjualan pesawat kepada Suriah.

Senin (23/1) ketika ditanya wartawan soal penjualan pesawat Yak-130 Rusia kepada Suriah, Nuland mengatakan, “Kami telah selama satu bulan menyatakan kekhawatiran kami atas masalah ini dan kami berpendapat bahwa kami harus mempertimbangkan kembali hubungan dengan setiap negara yang menjual senjata kepada pemerintah Suriah. Karena (Suriah) dari sisi sejarah, negara itu tidak berada di jalan yang benar dan persenjataan tersebut dapat jatuh ke tangan pihak-pihak yang menggunakannya secara tidak benar.”

“Kami mengetahui kabar penyerahan pesawat Rusia itu kepada Damaskus. Dan jika kita harus membahas masalah ini, maka harus kami katakan bahwa masalah ini telah mengakibatkan kekhawatiran serius kami,” tegas Nuland.

Ditambahkannya, “Saat ini Wakil Menteri Luar Negeri AS Urusan Timur Tengah, Jeffrey Feltman, berkunjung ke Moskow dan saya pikir ia akan menyampaikan kekhawatiran para pejabat Washington kepada Rusia.”

Di lain pihak, Menlu Rusia, Sergei Lavrov pekan lalu menyatakan bahwa negaranya tidak menganggap perlu memberikan penjelasan kepada Washinton mengenai kerjasama militer-teknisnya dengan Suriah, dan bahwa dalam hal ini para pejabat Damaskus berhak menjalin hubungan tersebut. (IRIB Indonesia/MZ/MF)

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: