Analis Australia: Tehran Tahu Cara Pukul Balik Embargo Barat

Sanksi terhadap Iran tidak efektif dan berbahaya bagi kepentingan ekonomi dunia, dan Tehran selalu menemukan cara untuk mengatasinya, kata seorang profesor hubungan internasional.

“Sanksi (Barat terhadap Iran) tidak efektif, kontraproduktif, merugikan kepentingan ekonomi dunia, merusak hubungan dengan sekutu, dan cacat moral” tulis Ramesh Thakur, seorang profesor dari Universitas Nasional Australia.

AS, Israel dan sekutu mereka menuduh Iran mengejar program nuklir militer dan menggunakan tuduhan ini sebagai dalih untuk meyakinkan Dewan Keamanan PBB untuk menerapkan sanksi putaran empat terhadap Iran.

“Iran semakin menggeser pola perdagangannya dari Amerika Utara dan Eropa menuju mitra Asia dan kini menjajaki prospek Amerika Latin,” tegas Thakur di laman situs Australia, mengutip Press TV Senin (23/1).

Pada malam Tahun Baru, Presiden AS Barack Obama menandatangani undang-undang sanksi baru ekonomi sepihak terhadap Bank Sentral Iran dalam sebuah upaya nyata untuk menghukum perusahaan-perusahaan asing dan bank yang melakukan bisnis dengan lembaga keuangan Iran. UU ini juga menargetkan industri minyak Iran.

Uni Eropa mengikuti jejak Washington dengan menjatuhkan sanksi baru terhadap Republik Islam pada Senin (23/1).

Analis hubungan Internasional dari Universitas Nasional Australia menilai sanksi Barat terhadap Iran akan mengalami kegagalan.(IRIB Indonesia/PH)

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN

One Response

  1. Apa yg bisa kita bantu buat saudara kita di Iran?
    Apakah ABI dan IJABI sudah berkonsultasi dengan para marja?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: