Saudi Gelontorkan Dana Besar Dukung Wahabi Lawan Revolusi Mesir

Arab Saudi mendukung kelompok-kelompok ekstrim Wahabi untuk melawan hasil demokrasi Mesir pasca revolusi rakyat negara ini.

Menurut laporan televisi al-Alam perilisan sebuah riset dengan tema “Ekonomi Mesir, dari warisan Mubarak hingga transformasi dan tujuan”, disebutkan bahwa Arab Saudi menggelontorkan dana besar-besaran untuk mendukung kelompok-kelompok ekstrim Wahabi dengan tujuan menciptakan instabilitas dan konflik etnis maupun agama di Mesir. Bantuan dan dukungan dana Arab Saudi ini tidak pernah terjadi sebelum ini di Mesir.

Hasil penelitian ini dipublikasikan dalam paket laporan “Kinerja Ekonomi 2011” yang dikeluarkan setiap tahun oleh Pusat Pengkajian Strategis al-Ahram.

Berdasarklan laporan ini, keluarga kerajaan Arab Saudi secara transparan telah memasuki babak baru dengan memihak satu poros di Timur Tengah. Arab Saudi bahkan melakukan kerjasama kerjasama dengan negara-negara monarki seperti Yordania dan Maroko untuk membentuk koalisi negara-negara monarki di Timur Tengah. Langkah ini memaksa Arab Saudi mengajak Yordania menjadi anggota Dewan Kerjasama Teluk Persia (P-GCC). Tidak cukup itu, Arab Saudi juga merasa berkomitmen untuk mengajak Maroko bergabung dengan organisasi P-GCC, sekalipun letaknya ribuan kilometer dari Teluk Persia. Tujuan dari penambahan keanggotaan Yordania dan Maroko di P-GCC guna dapat melakukan tekanan terhadap Mesir.

Dalam penelitian ini direkomendasikan kepada para pejabat revolusi Mesir untuk menciptakan program-program yang realistis untuk mengembangkan industri, pertanian dan jasa di negara ini. (IRIB Indonesia/SL/NA)

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: