Putri Basma: Rezim Saudi Korup, Rasis dan Langgar HAM !

Seorang putri Saudi mengkritik rezim Riyadh terkait korupsi, kemiskinan dan pelanggaran hak asasi manusia di negara Arab yang kaya minyak itu.

Putri Basma Binti Saud Bin Abdul Aziz, kepada media Inggris menyatakan bahwa dirinya tidak akan tinggal diam menyikapi apa yang terjadi di negaranya.

Sang putri yang juga keponakan Raja Abdullah itu mengkritik ketidakdilan dalam distribusi kekayaan dan kekuasaan antara keluarga kerajaan Arab Saudi dan warga biasa.

“Kini terdapat 2.000 pangeran multimilyuner yang memiliki semua kekuatan dan kekayaan. Tidak ada seorangpun yang bisa mengucapkan kata melawan karena mereka takut kehilangan apa yang dimilikinya,” kata Putri Basma.

“Jika Anda adalah seorang pria miskin dan Anda mencuri, tangan Anda akan dipotong setelah tiga pelanggaran. Tapi, jika Anda orang kaya, tak ada seorang pun akan berani mengatakan apa pun terhadap Anda,” Tambahnya.

Aktivis sosial ini menyebut para pejabat Saudi bodoh, dan mereka tidak bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya.

“Kami memiliki menteri yang tidak mampu melakukan apapun yang diperintahkan dari atas karena tidak ada tindak lanjut dan konsekuensi,” tegas putri Saudi berusia 47 tahun itu.

Sejumlah kelompok kanan dan badan-badan internasional, termasuk Human Rights Watch dan Amnesti International berulangkali mengecam rezim Saudi atas pelanggaran luas hak asasi manusia di negara Arab itu, terutama terhadap warga Syiah di wilayah timur.

Arab Saudi termasuk negara di dunia yang melarang perempuan mengemudi. Larangan ini tidak ditegakkan oleh hukum, tetapi oleh sebuah fatwa keagamaan yang dipaksakan para ulama Wahhabi.

Selain larangan mengemudi, perempuan di Arab Saudi harus memiliki persetujuan tertulis dari wali laki-laki baik ayah, suami, adik atau anak untuk meninggalkan negara maupun bekerja, bahkan menjalani operasi medis tertentu.(IRIB Indonesia/PH/SL)

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: