Iran-Rusia Sepakat Hapus Dolar dalam Transaksi Bilateral

Iran dan Rusia akan menghapus mata uang dolar dari transaksi bilateral. Pernyataan ini dikemukakan Presiden Republik Islam Iran Mahmoud Ahmadinejad dalam pembicaraan dengan sejawatnya dari Rusia Dmitry Medvedev.

Kedua pemimpin mengadakan pembicaraan via telepon untuk membahas kerjasama di berbagai bidang, dan bertukar pandangan tentang transformasi kawasan.

Dalam pembicaraan yang berlangsung Kamis (5/1), kedua belah pihak menekankan kerjasama yang lebih erat antara Tehran dan Moskow untuk menyelesaikan berbagai masalah regional.

Mereka juga menyerukan perluasan hubungan ekonomi antara kedua negara dan menggarisbawahi kebutuhan untuk menggunakan mata uang nasional dalam transaksi komersial bersama, dan mendesak penghapusan dolar AS dalam perdagangan bilateral.

“Konsensus tersebut akan mendongkrak peningkatan volume transaksi perdagangan Iran-Rusia,”tegas Ahmadinejad Kamis (5/1) mengutip Press TV hari ini.

Menyikapi transformasi di Laut Kaspia, Presiden Iran mengungkapkan kesepakatan kolektif untuk mencegah kehadiran pasukan asing di perairan strategis itu.

Sementara itu, Medvedev mengatakan bahwa Rusia sejalan dengan Republik Islam yang percaya bahwa krisis di beberapa negara regional harus diselesaikan melalui dialog.

Presiden Rusia mencatat bahwa potensi kerjasama antara Moskow-Tehran lebih tinggi dari tingkat yang ada saat ini. “Moskow berusaha untuk meningkatkan volume transaksi perdagangan dalam kerangka komisi ekonomi bilateral bersama,”tegas Medvedev.

Gelombang penghapusan mata uang dolar dari alat tukar uang internasional dewasa ini semakin menguat dari sebelumnya. Gubernur Bank Sentral Cina baru-baru ini berencana menjadikan mata uang Yuan sebagai valuta internasional menggantikan dolar dalam beberapa tahun mendatang.

Pernyataan tersebut mengemuka di saat Perdana Menteri Cina dan sejawatnya dari Jepang menyatakan akan menggantikan standar mata uang dolar sebagai alat tukar dalam perdagangan langsung kedua negara.

Pemerintah Jepang menilai penghapusan mata uang dolar dalam transaksi perdagangan akan mengurangi biaya valuta asing perusahaan Cina dan Jepang. Sekaligus merupakan upaya mencegah terjadinya penurunan nilai tukar Yuan terhadap dolar, dan turunnya tingkat kompetisi perusahaan-perusahaan besar negara ini di pasar internasional.(IRIB Indonesia/PH)

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: