Rusia Tolak NATO Jadi Polisi Dunia

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan, Rusia menentang perubahan NATO sebagai pasukan interventif dan juru bedah dunia pada tingkat internasional.

IRNA, Selasa (3/1) melaporkan, Lavrov mengkritik kebijakan Amerika Serikat dan NATO saat ini dalam menggunakan kekuatan militer untuk menyelesaikan isu-isu global. Menurutnya, penggunaan kekerasan adalah kebijakan yang tidak konstruktif.

“Rentetan peristiwa dunia menunjukkan realita bahwa penggunaan kekuatan militer adalah indikasi ketidakmampuan masyarakat internasional untuk menemukan solusi politik dalam menyelesaikan masalah-masalah global,” jelasnya.

Lavrov lebih lanjut menuturkan, menurut kami pada era globalisasi adalah tidak konstruktif jika hanya mengandalkan kekuatan militer dan menyebabkan memudarnya prospek untuk menyelesaikan berbagai problema melalui jalur politik.

Seraya menjelaskan bahwa aksi militer saat ini tidak mampu lagi menjamin sebuah solusi permanen terhadap konflik dan perseteruan internal negara-negara, Lavrov menegaskan, “Dalam kondisi seperti itu, para pemain asing harus mengambil tindakan-tindakan luas untuk membantu terlaksananya perundingan antara kekuatan politik di negara-negara konflik.”

Pada bagian akhir pernyataannya, Lavrov mengkritik pendekatan NATO di Libya dan penyalahgunaan mandat PBB oleh pakta itu. Ditandaskannya, “Pada saat pengambilan keputusan tentang resolusi Libya di Dewan Keamanan PBB, kami bersikeras untuk melaksanakan butir-butir resolusi tersebut dengan teliti.” (IRIB Indonesia/RM)

FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN
AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: