PBNU: Usut Tuntas Pembakaran Ponpes Syiah

AKARTA – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj menduga, ada desain besar di balik aksi pembakaran pesantren penganut Syiah di Sampang, Madura.

Atas dasar tersebut Pemerintah dan aparat keamanan diminta bekerja lebih keras, mencegah aksi serupa terulang di kemudian hari. Dugaan tersebut disampaikan Kiai Said atas kondisi hubungan Sunni-Syiah di Indonesia yang sebelumnya berlangsung damai.

Aksi pembakaran pesantren Syiah diduga dilakukan sekelompok orang untuk merusak kondisi damai tersebut. “Ini pasti ada big design-nya. Ada pihak-pihak yang ingin merusak suasana damai di Indonesia,” kata Kiai Said di Jakarta, Sabtu (31/12/2011).

Indikasi lain dari dugaan tersebut, lanjut Kiai Said, adalah latar belakang aksi pembakaran pesantren Syiah di Sampang, yang bermula dari perselisihan hubungan keluarga. Ditegaskannya, Sunni dan Syiah di Madura sama sekali tidak terlibat perselisihan, baik di masa lampau maupun sekarang.

“Artinya jelas, Sunni dan Syiah hanya dijadikan alat seolah-olah memang ada permusuhan. Padahal tidak, mereka dari dulu sampai sekarang hidup damai berdampingan,” lanjut Kiai Said tegas.

Kiai yang akrab disapa Kang Said ini meminta semua pihak bisa menahan diri untuk tidak melakukan tindakan-tindakan anarkis. “Pihak ketiga itu selalu melancarkan provokasi supaya konflik terus terjadi. Dan bukan tidak mungkin kasus serupa akan terjadi di kemudian hari,” katanya.

Namun ditanya mengenai pihak lain yang diduga sengaja merusak perdamaian di Madura, Kiai Said enggan membeberkannya secara gamblang. Dia meminta Pemerintah dan aparat penegak hukum bekerja lebih keras, mencegah aksi serupa meluas dan terulang di kemudian hari.

“Kalau saya yang mengatakan nanti dikatakan fitnah. Tapi kalau saya saja sudah tahu, polisi dan Pemerintah harusnya lebih tahu. Mereka harus bekerja lebih keras mengatasi permasalahan ini,” tuntutnya.
Sumber: http://news.okezone.com/read/2011/12/31/339/549776/pbnu-usut-tuntas-pembakaran-ponpes-syiah

FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN
AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: