Cina Inginkan Stabilitas di Selat Hormuz Tetap Terjaga

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan bahwa negaranya berharap stabilitas di Selat Hormuz yang strategis akan terus terjaga dan tidak ada tindakan yang akan menimbulkan kekacauan di jalur perdagangan internasional ini.

Hung Lei pada Jumat (30/12) kepada wartawan menandaskan bahwa opini publik Cina sangat sensitif tentang perkembangan di Iran.

Ketika ditanya tentang meningkatnya ketegangan di Teluk Persia yang telah mendorong naiknya harga minyak internasional, ia mengatakan, “Beijing berharap perdamaian dan stabilitas dapat dipertahankan di selat tersebut.”

Pernyataan itu disampaikan jubir Kemlu Cina setelah Iran berulang kali memperingatkan bahwa Tehran akan merespon sanksi-sanksi minyak Iran yang diusulkan Barat dengan cara menutup jalur ekspor minyak melalui Selat Hormuz.

Wakil Pertama Presiden Republik Islam Iran Mohammad Reza Rahimi pada Selasa lalu memperingatkan bahwa pengenaan sanksi minyak Iran akan menuntut Tehran untuk mencegah kargo minyak melewati Selat Hormuz.

“Jika mereka memberlakukan sanksi terhadap minyak Iran, maka tidak ada setetes minyak pun yang akan diizinkan melalui Selat Hormuz,” tegasnya.

Komandan Angkatan Laut Iran Laksamana Habibullah Sayyari pada Rabu juga mengumumkan bahwa AL negara ini dapat dengan mudah memblokir Selat Hormuz yang strategis jika diperlukan.

Angkatan Laut Iran saat ini sedang melakukan latihan besar-besaran selama 10 hari. Manuver tersebut diberi sandi “Velayat 90” dengan area latihan membentang dari timur Selat Hormuz di Teluk Persia hingga Teluk Aden. (IRIB Indonesia/RA)

FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN
AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: