Puluhan Ribu Kasus Pelecehan Seksual di Gereja-gereja Belanda Terungkap

Dalam sebuah hasil penelitian Komite Investigasi, disebutkan adanya ribuan kasus pelecehan seksual di gereja-gereja Katolik Belanda.

Penelitian komite ini dilakukan sejak tahun 1945-2010. Hasil penelitian itu membuktikan bahwa terdapat puluhan ribu kasus pelecehan seksual di Belanda selama enam dekade lalu. Fars News mengutip situs Swiss “Min 20′ melaporkan, Sabtu (17/12).

Menurut laporan tersebut, kira-kira terdapat 800 orang terlibat dalam kasus pelecehan seksual ini dan kurang lebih 100 orang dari mereka masih bekerja di gereja.

Pihak gereja juga tertuduh karena sudah sejak lama tidak memperhatikan kasus yang terjadi. Para pengurus gereja Katolik telah gagal dalam menangani pelecehan yang terjadi di sekolah-sekolah dan panti asuhan yang berafiliasi dengan gereja.

Laporan yang disusun berdasarkan hasil wawancara dengan lebih dari 34 ribu orang itu menyatakan bahwa dari setiap lima anak dan remaja yang berada di lembaga-lembaga yang berafiliasi dengan gereja Katolik, satu dari mereka telah mengalami pelecehan seksual.

Penelitian ini dimulai pasca disampaikannya tuduhan adanya pelecehan seksual terhadap anak-anak di sebuah sekolah di timur Belanda.

29 persen atau sekitar 16 juta orang dari jumlah penduduk Belanda merupakan pemeluk Katolik.

Sebelumnya, terungkap pula adanya skandal moral para pendeta Katolik di Jerman. Kasus itu menjadi isu kontroversial di media-media negara tersebut. (IRIB Indonesia/RA)

KUMPULAN DOA-DOA PILIHAN
HADIS DAN MUTIARA HIKMAH
AMALAN PRAKTIS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: