Mencermati Kegagalan Operasi Eagle Claw Carter dan The Beast of Kandahar Obama

Akhirnya Barack Obama, Presiden Amerika Senin kemarin (12/12) secara bernasib sama dengan Jimmy Carter, mantan Presiden Amerika yang pada tanggal 25 April 1980 mengaku gagal dalam operasi Eagle Claw sebagai upaya membebaskan para tawanan Amerika. Kedua-duanya pasca kegagalan ini menyatakan peristiwa ini merupakan hal yang sangat berat dalam kehidupan politiknya.

Presiden Obama dalam konferensi persnya bersama Nouri al-Maliki, Perdana Menteri Irak di Washington, setelah diam selama dua pekan, secara resmi meminta pada Tehran untuk mengembalikan pesawat mata-mata tanpa awak Amerika yang dikenal dengan The Beast of Kandahar. Pernyataan resmi Presiden Obama ini kontan menjadi pemberitaan seluruh kalangan media internasional. Karena pengakuan resmi presiden Amerika atas pelanggaran negara ini atas teritorial negara lain jarang terjadi.

Presiden Barack Obama menyampaikan pernyataan ini saat pekan lalu televisi CNN menayangkan program mewawancarai para pakar militer dan intelijen yang mengklaim bahwa pesawat yang dipamerkan Iran hanya sebuah maket dan tujuannya hanya sekadar perang urat saraf. Namun beberapa hari kemudian sudah tidak ada lagi jalan untuk mengingkari keberhasilan Iran menguasai pesawat itu. Presiden Amerika sendiri mengakui dan apa yang ditayangkan Iran benar adanya. Kini CNN tidak punya pilihan lain harus menayangkan pernyataan resmi Presiden Barack Obama.

Penayangan pesawat mata-mata tanpa awak RQ-170 dalam kondisi baik tidak memberikan pilihan lain bagi para pejabat Amerika, sehingga mereka terpaksa memaksa Barack Obama sendiri yang mengumumkan masalah ini secara resmi.

Kini fokus media-media pemberitaan meliput bukti kuat Iran atas pelanggaran internasional yang dilakukan Amerika dan bola saat ini berada di tangan Tehran. Selain nilai perangkat keras dan lunak yang ada pada pesawat rahasia ini, sehingga membuat para pakar Rusia dan Cina begitu serius ingin mengetahuinya, menunjukkan satu kenyataan bahwa Obama bernasib sama dengan Jimmy Carter pada tahun 1980 terpaksa mengakui kenyataan yang sebenarnya.

Saat ini program paling rahasia intelijen Amerika di dunia berada di tangan Iran. Program ini tidak hanya meliputi Iran, tapi juga seluruh dunia. Washington juga mulai khawatir mereka juga akan menjadi mangsanya.

Bila mencermati ke belakang peristiwa yang memaksa Jimmy Carter mengakui kegagalan operasi Eagle Claw pada 25 April 1980. Sebuah operasi yang dilakukan oleh pasukan khusus Amerika di gurun Tabas. Carter secara resmi mengumumkan bahwa sebagian dari pasukannya mati dan sebagian lainnya melarikan diri, sementara peralatan perang mereka hancur di sana.

Waktu itu, pengakuan kegagalan operasi Eagle Claw oleh Jimmy Carter menjadi bom pemberitaan di seluruh dunia dan dikenal sebagai kekalahan Amerika dalam rentang usahanya menghancurkan Revolusi Islam Iran.

Kini 31 tahun setelah berlalunya peristiwa Tabas, dengan menguasai pesawat modern tanpa awak Amerika RQ-170, langit setiap negara yang sampai sebelum ini tidak aman dari operasi intelijen pesawat ini, sudah mulai dapat bernapas lega. Karena kemampuan pesawat ini terbang di ketinggian hingga 17 ribu kilometer dari permukaan bumi dan dapat menghindar dari jangkauan radar. Namun Iran mampu membuktikan kepada dunia, tidak ada yang dapat berbuat semena-mena di atas zona udaranya. Dengan ketelitian dan ketepatan dalam menggelar perang elektronik, Iran berhasil menjaring pesawat ultra modern Amerika ini.

Kenangan pahit Carter menjadi hidup kembali bagi Obama ketika Iran menayangkan The Beast of Kandahar. Dengan mempublikasikan perincian informasi intelijen dan program spionase Amerika, Republik Islam Iran mampu meraih keberhasilan besar di bidang politik dan teknis. (IRIB Indonesia/SL/NA)

KUMPULAN DOA-DOA PILIHAN
HADIS DAN MUTIARA HIKMAH
Rangkuman Artikel Islami Praktis dan Aktual

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: