NATO Reaksi Jatuhnya Pesawat RQ170 di Iran

Pasukan Pakta Pertahanan Atalntik Utara (NATO) mereaksi jatuhnya pesawat pengintai tanpa awak Amerika Serikat RQ170 dalam sebuah operasi yang dilancarkan oleh satuan perang elektronik Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran.

Fars News (5/12) melaporkan, NATO membenarkan bahwa pesawat tersebut adalah milik milter Amerika Serikat dan pesawat tersebut sudah lepas kontrol.

Menyusun jatuhnya pesawat pengintai Amerika Serikat di timur Iran itu, NATO merilis pernyataan bahwa pekan lalu, sebuah pesawat pengintai Amerika Serikat yang sedang beroperasi di timur Afghanistan, lepas kontrol.

NATO dalam statemennya juga menyatakan bahwa kemungkinan pesawat yang diberitakan jatuh oleh para pejabat Iran itu adalah pesawat yang telah lepas kendali pekan lalu.

NATO mulai menyelidiki kasus lenyapnya pesawat pengintai Amerika itu.

Media massa Afghanistan mengutip keterangan para pejabat Iran melaporkan bahwa pesawat tersebut berhasil dijatuhkan oleh Angkatan Bersenjata Republik Islam di timur negara itu dan kini berada di tangan militer Iran dengan hanya mengalamai sedikit kerusakan.

Sumber milter Iran kepada Fars News mengatakan, “Dengan mekanisme kontrol yang tepat, satuan perang elektronik Angkatan Bersenjata Iran berhasil mengambil alih kontrol pesawat RQ170 dan berhasil menjatuhkannya hanya dengan tingkat kerusakan minimum.”

Pesawat tanpa awak RQ170 itu diterbangkan dari Afghanistan untuk mengumpulkan informasi di Iran dan Pakistan.

Januari lalu, Angkatan Bersenjata Republik Islam Iran berhasil menjatuhkan dua pesawat tanpa awak yang menyusup ke zona udara Iran. (IRIB Indonesia/MZ)

KUMPULAN DOA-DOA PILIHAN
Sekitar Persoalan Asyura
Rangkuman Artikel Islami Praktis dan Aktual

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: