Diplomat Iran Tinggalkan Inggris

Para diplomat Kedutaan Besar Republik Islam Iran di London, Inggris pada Jumat sore tinggalkan negara itu dan kembali ke Iran.

Kurang lebih 25 diplomat dan staf Kedubes Iran beserta anggota keluarga mereka secara bertahap berkumpul diPavilion, terminal 5 bandara Heathrow, sebelah barat kota London. Setelah menyelesaikan prosedur administrasidan formalitas yang diperlukan, tepat pukul 16:35 waktu setempat, mereka tinggalkan London dengan penerbangan khusus menuju Tehran. IRNA melaporkan, Jumat (2/12).

Penerbangan khusus itu sempat tertunda selama 45 menit. Menurut rencana penerbangan tersebut akan berhenti beberapa saat di bandaraKenneth, sebelah tenggara Inggris, guna pengisian bahan bakar.

Deputi Perwakilan Tetap Iran di Organisasi Maritim Internasional (IMO), Ali Akbar Marzban dan saat ini sebagai perwakilan senior Iran di Inggris, mengawal rombongan diplomat Iran itu.

Menurut laporan tersebut, sejumlah diplomat mengatakan bahwa mereka meninggalkan London dengan terhormat dan bahkan perwakilan dari Kementerian Luar negeri Inggris berada di bandara hingga mereka naik pesawat.

Pasukan keamanan dan polisi Inggris yang sejak awal telah berada di bandara Heathrow mencegah masuknya para wartawan. Mereka juga melarang wartawan untuk mengambil gambar.

Pemerintah Inggris pada Rabu lalu, mengambil keputusan sepihak untuk menutup Kedubes Iran di London dan mengusir para diplomat Iran. London memberikan kesempatan selama 48 jam kepada utusan-utusan Iran untuk meninggalkan Inggris. Para pakar menilai keputusan pemerintah London sebagai langkah yang tergesa-gesa. (IRIB Indonesia/RA)

KUMPULAN DOA-DOA PILIHAN
Sekitar Persoalan Asyura
Rangkuman Artikel Islami Praktis dan Aktual

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: