Presiden PDK Sebut Pidato Rahbar Umumkan Perang

Presiden Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), Ir. Sayuti Asyathri, menghadiri Konferensi Kebangkitan Islam Pertama yang digelar di Tehran selama dua hari, Sabtu (17/9/2011) dan Ahad (18/92011). Konferensi dihadiri para tokoh politik dan ulama pergerakan dari 80 negara dunia.

Wartawan IRIB, Ahad malam (18/9/2011), berhasil menemui Sayuti di Hotel Evin, Tehran. Ir Sayuti yang baru pertama kali berkunjung ke Iran, merasa terhormat dapat menghadiri Konferensi Kebangkitan Islam yang digelar untuk pertama kalinya. Sayuti kepada wartawan IRIB mengatakan, “Ini adalah konferensi yang luar biasa sekali di tengah gejolak dunia, khususnya di Timur Tengah dan Afrika Utara.”

Ketika mengomentari pidato pembukaan Pemimpin Tertinggi Revolusi Islam Iran atau Rahbar, Ayatollah Al Udzma Sayid Ali Khamenei, Presiden PDK mengatakan, “Pidato Ayatollah Ali Khamenei dalam acara pembukaan konferensi sama halnya mengumumkan perang kepada dunia.” Dijelaskannya, Pemimpin Besar Iran secara jelas memberikan garis. Menurut Sayuti, perang atau front di sini adalah melawan kemiskinan dan keterbelakangan yang merendahkan martabat manusia dan kemanusiaan.

Ia menambahkan, Ayatullah Ali Khamenei dalam pidatonya mengingatkan kepada ummat Islam dan masyarakat independen memperahtikan bahaya-bahaya yang terjadi di jalan gerakan-gerakan perubahan dengan cara menghindari konflik sektarian dan berbagai jenis konflik yang bisa mengkontraproduksi cita-cita luhur gerakan perubahan. Menurut Sayuti, perubahan harus diselesaikan dengan nilai-nilai yang dimliki dan berkembang pada setiap negara bangsa. Dengan demikian, menurut Sayuti, hasil akhirnya akan berupa terwujudnya suatu tatanan masyarakat yang damai, harmonis, adil dan bermartabat.”

“Biasanya, Ayatollah Ali Khamenei dalam pidato-pidatonya hanya mengecam AS dan Zionis Israel. Namun kali ini, beliau menyebutkan negara-negara lain seperti Inggris, Perancis dan Italia. Ini sama halnya dengan memberikan peringatan supaya jangan menciderai dan membajak cita-cita luhur gerakan perubahan, ” kata Presiden PDK, Ir Sayuti Asyathri.

Suyuti juga menambahkan, “Dalam pidato Ayatollah Ali Khamenei ditekankan soal dignity atau martabat.” Menurut Sayuti dalam ulasannya, dignity dapat dijadikan sebagai tolok ukur kemungkinan kebangkitan rakyat. Ketika dignity semakin rendah, maka kemungkinan kebangkitan rakyat semakin besar.

Lebih lanjut Sayuti menjelaskan, “Penyelenggaraan Konferensi Kebangkitan Islam merupakan ide cemerlang Republik Islam Iran. Dengan cara ini, Iran menawarkan pendekatan struktural kepada masyarakat yang bangkit agar gerakan perubahan memiliki akuntabilitas pencapaian tujuan.”

Ketika menjelaskan makna kebangkitan, Ir Sayuti mengulas, “Kebangkitan itu bisa diartikan dalam tiga tingkat. Pertama, tingkat civil society. Kedua, political society. Ketiga, state society. Kebangkitan di Timur Tengah dan Afrika Utara baru berada di tingkat civil society. Sedangkan Iran dengan Revolusi Islam-nya sudah mampu melewati tiga tahap itu dan sekarang berada dalam tingkat state society yang berhadapan langsung dengan arogansi dunia.”

Menurut Sayuti, Iran sengaja menggelar konferensi ini untuk menarik kebangkitan di Timur Tengah dan Afrika Utara agar komunitas internasional memiliki tanggung jawab dalam mengawal gerakan perubahan supaya berhasil mencapai tujuan-tujuannnya. Untuk maksud tersebut, lanjut Sayuti, semua pihak diminta untuk tidak mempertentangkan perbedaaan agama dan keyakinan supaya terfokus pada agenda-agenda yang berpuncak pada pengkhidmatan terhadap martabat manusia dan kemanusiaan. (IRIB/AR)

FREE DOWNLOAD MP3 MURATTAL & DOA-DOA PILIHAN
MUTIARA HIKMAH & MUTIARA CINTA
 AMALAN DAN DOA
TWITTER CAHAYA HIKMAH
@CahayaHikmah12

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: