Demo dan Ketidakpuasan Warga Zionis Makin Merajalela

Protes anti-rezim Zionis semakin meluas akibat krisis ekonomi dan kemarin malam (Sabtu, 30/7) lebih dari 60 ribu warga Zionis berdemo di Tel Aviv dan 150 ribu lainnya di 11 kota Israel.

Media massa Israel mengkonfirmasikan demonstrasi di 11 kota Palestina pendudukan. Jumlah para demonstran mencapai 150 ribu orang. Mereka berdemo guna menuntut keadilan sosial.

Terkait hal ini, koran Haaretz melaporkan, lebih dari 100 ribu orang turun ke jalan-jalan kota Israel dan berdemo di 11 kota.

Demonstrasi terbesar terjadi di Tel Aviv, Baitul Maqdis, Beer Sheba, dan Haifa. Para demonstran meneriakkan slogan “kami menuntut keadialan sosial.”

Dengan memuat judul “Revolusi, di sini”, koran Yediot Aharonot menulis, “Para pemimpin demonstrasi dan oposisi memperingatkan pemerintahan PM Benyamin Netanyahu soal kenaikan harga dan eskalasi protes.”

Menyinggung tuntutan reformasi dan keadilan sosial oleh para demonstran, Yediot juga melaporkan bahwa jumlah para pendemo mencapai sekitar 150 ribu orang.

Demontrasi terbesar digelar di Tel Aviv dengan jumlah pendemo lebih dari 60 ribu orang. Sementara di kota Baitul Maqdis demonstrasi digelar di depan kantor Perdana Menteri, Benyamin Netanyahu dan menentang program swastanisasi serta para investor, dan peningkatan pengeluaran pokok termasuk properti.

Aksi demo massif warga Zionis ini belum pernah terjadi sebelumnya sejak Israel dibentuk secara ilegal 60 tahun lalu.

Namun media massa Israel tidak menyebutkan jumlah demonstran yang ditangkap polisi.

Aksi protes, mogok, dan demo menentang kebijakan Tel Aviv khususnya di bidang ekonomi telah dimulai tiga minggu lalu.

Para pemerhati berpendapat bahwa demonstrasi itu akan terus meluas mengingat memburuknya krisis properti, kenaikan harga, dan ketidakmampuan Benyamin Netanyahu dalam mengontrol dan menjawab tuntutan para demonstran. (IRIB/RA/MZ)

MUTIARA HIKMAH

CAHAYA HIKMAH TWITTER 
@CahayaHikmah12

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: