Di Indonesia, Larijani Tantang AS dan Israel

Ketua Parlemen Republik Islam Iran, Ali Larijani, menyatakan bahwa Washington berusaha menstabilkan kediktatoran di Timur Tengah. Dikatakannya pula Amerika Serikat dan Israel khawatir bahwa demonstrasi semakin merata di kawasan.

“Peristiwa di Tunisia, Mesir, Bahrain, Libya dan Yaman merupakan kebangkitan populer. Masyarakat berusaha menentukan nasib mereka sendiri. Semua ini menyebabkan kegelisahan bagi AS dan Zionis Israel, ” demikian ditegaskan Ali Larijani dalam pertemuannya dengan Ketua DPR RI, Marzuki Alie, hari Kamis (9/6/2011) di Jakarta.

“Kita harus berhati-hati sehingga AS tidak akan mengambil keuntungan dari kebangkitan rakyat. Akan tetapi AS tidak akan berhasil karena masyarakat telah bangkit, “katanya.

Dalam beberapa bulan terakhir, gelombang revolusi dan pemberontakan anti-pemerintah yang melanda di dunia Arab. Pada bulan Januari, revolusi di Tunisia mengakhiri kekuasaan 23 tahun mantan Presiden Zine El Abidine Ben Ali.

Pada bulan Februari, revolusi lain menyebabkan pengusiran mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak setelah berkuasa selama tiga dekade. Kedua diktator yang didukung penuh oleh AS dan Barat harus terpaksa lengser menyusul kebangkitan rakyat di Timur Tengah.

Revolusi lainnya di Libya, Yaman, dan Bahrain mulai menyusul. Lebih dari itu, demonstrasi anti-pemerintah juga terjadi di Arab Saudi, Yordania, Oman, dan Aljazair.

Larijani dalam kunjungannya ke Indonesia menyatakan bahwa Iran dan Indonesia harus memanfaatkan potensi ekonomi yang besar untuk melayani kepentingan kedua negara.

“Rezim Zionis (Israel) dan Amerika Serikat telah menimbulkan masalah bagi dunia Muslim. Iran dan Indonesia harus meningkatkan kerjasama menyusul perkembangan terakhir di dunia, “tambahnya.

Ketua Parlemen Iran, Larijani juga meminta kepastian jadwal pengiriman delegasi Iran dan Indonesia ke Jalur Gaza untuk mengakhiri aksi blokade atas Jalur Gaza. Jalur Gaza sejak Juni 2007 diblokade oleh Rezim Zionis Israel. Segala bantuan kemanusiaan dilarang masuk ke Gaza. Aksi ilegal Israel melumpuhkan pergerakan manusia dan barang, selama hampir empat tahun. PBB menyebut pengepungan Israel ilegal dan berulang kali menuntut pencabutan blokade.

Ketua Parlemen Republik Islam Iran, Ali Larijani, Kamis (9/6) pada agenda pertama kunjungannya ke Indonesia bertemu dan berdialog dengan Ketua DPR RI, Marzuki Alie. Kantor berita IRNA melaporkan, pertemuan yang dilakukan di Gedung DPR itu, juga diikuti oleh para delegasi parlemen kedua negara. Larijani tiba di Jakarta, Rabu malam (8/6) setelah melakukan kunjungan singkat ke Singapura. (IRIB/AR/MF)

MUTIARA HIKMAH & MUTIARA CINTA

AMALAN DAN DOA PILIHAN

JASA PEMBUATAN WEBSITE TERPERCAYA DAN PROFESIONAL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: