Gerakan Non-Blok Hasilkan Deklarasi Palestina

Konferensi Tingkat Menteri ke-16 Gerakan Non-Blok yang berlangsung 23-27 Mei di Nusa Dua, Bali, menghasilkan kesepakatan Deklarasi Palestina untuk mendorong diakuinya Palestina sebagai anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa dan negara yang berdaulat.

Dalam deklarasi, anggota Gerakan Non-Blok menyetujui gagasan Indonesia yang merupakan tuan rumah GNB tahun ini, untuk menyiapkan dua rencana aksi guna mengantisipasi seandainya sidang Majelis Umum PBB, yang berlangsung September nanti, gagal mengakui Palestina sebagai anggota baru organisasi dunia itu.

Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa, usai menutup konferensi Jumat kemarin, 27 Mei 2011, mengatakan dua rencana aksi itu, yakni pertama, menunggu hasil lobi dan negosiasi yang tengah dilakukan Presiden Amerika Serikat Barack Obama saat ini dan kedua, memasukkan suara dukungan anggota GNB ke Majelis Umum PBB.

Untuk aksi kedua, GNB yang diketuai Mesir bersama Indonesia mendesak 30 anggota GNB yang belum mengakui Palestina segera memberikan pengakuan. “Sebelumnya 29 negara, tapi sekarang bertambah menjadi 30 karena Fiji baru bergabung dengan GNB. Kita telah melakukan berbagai pertemuan untuk mengingatkan dan mendapatkan dukungan bagi Palestina,” kata Marty di Nusa Dua.

Menteri Luar Negeri Palestina Riyad Malki sebelumnya mengatakan telah menerima pengakuan dari 112 negara anggota PBB dan harus berjuang mengumpulkan dukungan dari 16 negara lagi untuk memenuhi persyaratan diakuinya sebuah negara menjadi anggota PBB. Mereka mengharapkan menutup kekurangan tersebut dari negara nonblok. (IRIB/tempointeraktif)

MUTIARA HIKMAH & MUTIARA CINTA

AMALAN DAN DOA PILIHAN

JASA PEMBUATAN WEBSITE TERPERCAYA DAN PROFESIONAL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: