Benarkah Nazaruddin Hanya Alat SBY untuk Habisi Anas?!

Gonjang-ganjing di Parti Demokrat yang tidak menguntungkan ternyata membuat Nazaruddin mengambil pilihan. Politisi Demokrat itu kini dikabarkan pergi ke Singapura. Hebatnya, ia bisa berangkat sebelum dicegah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang suratnya keluar 24 Mei. “Dia pergi tanggal 23 Mei,” ujar Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar.

Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar tidak mau berpolemik tentang hal ini. Yang jelas, kata dia, imigrasi bekerja berdasarkan permintaan KPK.

“Tanyakan pada yang bersangkutan (Nazaruddin) saja,” kata Patrialis saat ditanya kemungkinan Nazar tahu soal pencegahan ini. Hal tersebut disampaikan di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Kamis (26/5).

Menurut Patrialis, Nazar pergi pukul 19.30 WIB malam menggunakan pesawat Garuda. Sementara, surat permintaan cegah ke luar negeri baru dikirim tanggal 24 Mei 2011 pukul 18.00 WIB sore. “Jam 6 sore. Jadi sekitar 24 jam-lah, setelah keberangkatan apa Nazaruddin,” imbuhnya.

Surat Pencekalan Sengaja Lambat Diputuskan
Sementara itu, Komisi Pemberantasan Korupsi memastikan bahwa rencana untuk mencegah mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin ke luar negeri tidak bocor. Demikian dilaporkan situs Kompas, hari ini (Sabtu, 28/5).

Wakil Ketua KPK Haryono Umar mengatakan, KPK memutuskan untuk mengirimkan surat permintaan pencekalan anggota Komisi VII DPR tersebut ke luar negeri pada 24 Mei 2011. “Enggak ada itu, enggak ada yang bocor karena surat pencekalan itu diputuskan melalui mekanisme rapat, dan pada hari itu juga kami langsung kirim surat ke Ditjen Imigrasi,” ujar Haryono kepada wartawan , Jumat (27/5/2011) di Gedung KPK, Jakarta.

Haryono juga mengaku kaget ketika dirinya mengetahui bahwa Nazaruddin telah berada di Singapura dari pemberitaan di media massa. “Informasi itu baru semalam saya tahu dari televisi, ternyata dia (Nazaruddin) sudah ke Singapura,” katanya.

Walaupun surat pencekalan sudah keluar, status Nazaruddin hingga saat ini masih sebagai saksi dalam kasus Sesmenpora tersebut. “Masih sebagai saksi. Kemarin itu kami cegah, kan, karena mau dimintai keterangan sebagai saksi,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Patrialis Akbar menyatakan, Nazaruddin berangkat pada 23 Mei 2011 dengan menumpang pesawat Garuda Indonesia pukul 19.30 WIB. Padahal, KPK baru menetapkan surat pencekalan Nazaruddin pada 24 Mei 2011. Ia diminta tetap berada di Indonesia ketika KPK meminta kesediaannya memberikan kesaksian dalam kasus dugaan suap dalam proyek pembangunan wisma atlet SEA Games di Palembang, Sumatera Selatan.

Selain Nazaruddin, KPK juga meminta dirjen keimigrasian untuk mencegah tiga tersangka kasus tersebut, yakni Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga Wafid Muharam, mantan Direktur Marketing PT Anak Negeri Mindo Rosalina Manulang, dan Manajer Marketing PT Duta Graha Indah Mohamad El Idris.

Masih mengenai Nazaruddin, Rakyat Merdeka Online (RMOL), Jumat (27/5) memberitakan bahwa SBY dan Anas Urbaningrum bisa dijerat UU Tindak Pidana Korupsi. Partai Demokrat seolah membiarkan Muhammad Nazaruddin kabur ke Singapura. Atas pembiaran ini, Ketua Dewan Pembina Demokrat sekaligus Presiden RI Susilo Bambang Yudhyono dan Ketua Umum Anas Urbaningrum dapat dijerat pasal pidana.

“Pasal 21 UU Tindak Pidana Korupsi yaitu dengan sengaja mencegah, merintangi atau menggagalkan secara tidak langsung proses penyidikan,” kata aktivis Petisi 28, Ahmad Suryono, kepada Rakyat Merdeka Online sesaat lalu (Jumat, 27/5).

Selain itu, kata Suryono, SBY juga patut diduga sengaja tidak dengan segera memerintahkan Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar untuk menerbitkan surat cekal. Nazaruddin dikabarkan kabur ke Singapura sejak hari Senin (23/5).

Nazaruddin disebut-sebut terlibat dalam kasus suap di kantor Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga. Nazaruddin juga pernah memberikan uang pada Sekjen Mahkamah Konstitusi Jenedjri M Gaffar sebesar 120 ribu dolar Singapura.
(IRIB/ Media Indonesia/Kompas/RMOL/Surabayapagi/AR)

MUTIARA HIKMAH & MUTIARA CINTA

AMALAN DAN DOA PILIHAN

JASA PEMBUATAN WEBSITE TERPERCAYA DAN PROFESIONAL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: