Wanita Saudi Ditangkap Karena Mengemudi

Pihak berwenang Arab Saudi telah menahan seorang perempuan, yang menentang larangan mengemudi kendaraan bagi kaum hawa dan berusaha mendorong perempuan lain untuk mengikuti jejaknya.

Polisi Saudi menangkap Manal al-Sharif pada hari Sabtu (21/5) setelah ia menentang larangan mengemudi dengan mengunggah video di Facebook dan YouTube, yang menunjukkan dirinya tengah mengemudi di timur kota Khobar, Associated Press melaporkan.

Pada laman Facebook, yang mereka sebut “Ajari aku cara mengemudi hingga aku bisa melindungi diri,” Sharif dan sekelompok perempuan lain telah meluncurkan kampanye sukarela dengan tujuan untuk meyakinkan pihak berwenang agar mencabut larangan kontroversial itu.

Arab Saudi adalah satu-satunya negara di dunia yang melarang perempuan – baik Saudi dan asing – mengemudi kendaraan. Perempuan Saudi juga tidak dapat menjadi anggota kabinet.

Sharif dan kelompoknya memfokuskan kampanye pada pentingnya perempuan mengemudi pada saat darurat dan biaya tinggi menyewa sopir, terutama untuk keluarga berpenghasilan rendah.

“Kami ingin hidup sebagai warga negara lengkap, tanpa penghinaan yang kita terima setiap hari karena terikat dengan sopir. “Kami di sini tidak untuk melanggar hukum atau menunjukkan atau menentang pihak berwenang, kami di sini untuk mengklaim salah satu dari hak-hak kami yang paling sederhana,” tegasnya. (IRIB/RM/NA)

MUTIARA HIKMAH & MUTIARA CINTA

AMALAN DAN DOA PILIHAN 

JASA PEMBUATAN WEBSITE TERPERCAYA DAN PROFESIONAL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: