Menlu Mesir Beri Kepastian Hubungan Kairo-Tehran

Menteri Luar Negeri Mesir Nabil Al Arabi mengatakan, dimulainya kembali hubungan normal antara Republik Islam Iran dan Mesir adalah kebijakan yang jelas dan pasti diadopsi oleh Kairo.

Al Arabi menuturkan, Kairo secara resmi telah mengumumkan rencana untuk menormalkan hubungan dengan Tehran. Ditambahkannya, Mesir telah memasuki babak baru dalam kebijakan luar negerinya dengan semua bangsa.

Menteri luar negeri Mesir membuat pernyataan dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Italia, La Republica pada hari Rabu (18/5).

Pada awal Mei, Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi menegaskan kembali tekad Iran untuk membangun kembali hubungan bilateral dengan Mesir setelah tumbangnya diktator Hosni Mubarak yang didukung AS.

Salehi mengatakan ia berencana untuk mengunjungi Kairo dalam waktu dekat. Ditambahkannya, kedua negara memiliki posisi penting di kawasan dan kerjasama mereka akan menguntungkan kawasan dan dunia Islam.

Setelah penggulingan rezim Mubarak yang pro-Barat, kelompok revolusioner Mesir tampak siap untuk membuka lembaran baru dalam hubungan dengan Iran.

Iran memutuskan hubungan dengan Mesir setelah Kairo menandatangani perjanjian Camp David 1978 dengan rezim Zionis Israel dan memberikan suaka politik kepada Syah despotik, Mohammad Reza Pahlevi.(IRIB/RM)

AMALAN DAN DOA PILIHAN

JASA PEMBUATAN WEBSITE TERPERCAYA DAN PROFESIONAL

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: