New York Times: Rezim Saudi Segera Tumbang

Koran New York Times, Amerika Serikat dalam sebuah lapoannya menulis, meski rezim Al Saud memanfaatkan strategi isu sektarian untuk mempertahankan tahtanya, tapi pada akhirnya Arab Saudi juga terpaksa tunduk terhadap tuntutan rakyat.

Situs Iran News Network (INN), Ahad (27/3) mengutip New York Times melaporkan, syarat-syarat yang telah mendorong kebangkitan rakyat di Tunisia dan Mesir juga terdapat di Arab Saudi. Meski demikian, berbeda dengan kedua negara tersebut, pemerintah Saudi dalam jangka pendek dapat mencegah ancaman-ancaman serius tersebut dengan mengandalkan sumber-sumber finansial yang signifikan dan strategi. Salah satu strateginya adalah memanfaatkan isu sektarian.

“Kendati Raja Saudi telah melaksanakan reformasi bersifat ujicoba dan temporal, tetapi rezim itu membutuhkan upaya yang lebih besar. Yaitu, selain menciptakan tiga juta lapangan kerja, juga lebih membuka sistem politik sehingga mampu memberantas korupsi,” tambahnya.

“Selain itu, pemerintah juga harus memberi kesempatan kepada orang-orang di luar kerajaan untuk berpartisipasi dalam pemerintahan. Langkah-langkah tersebut penting khususnya jika terjadi penurunan harga minyak. Hal ini akan memaksa rezim Saudi untuk bekerjasama dengan kelompok oposisi,” jelas New York Times.

Arab Saudi dalam beberapa pekan terakhir menjadi ajang protes anti-pemerintah dan intervensi militer negara itu di Bahrain juga menuai kritikan publik. (IRIB/RM/MF)

Free Download Amalan Praktis dan Doa Pilihan

One Response

  1. Kehancura Rezim Saudi diharapkan untuk tegaknya Khilafa Islamiya.. kalau seandainya ‘tergantikan” namun tetap sebagai boneka Amerika dan Inggris, maka hal ini tidak ada perubahan signifikan yang diharapkan umat Islam.. “Salafi Wahabi”lah yang dimaksudkan sebagai isu sektarian yang mendukung legitimasi kerajaan arab saudi tersebut..Bagaimana tidak..mereka mencela seluruh amal umat Islam sebagai bid’ah namun disisi lain mereka membiarkan Pangkalan udara Amerika di Saudi Arabia..dan Sekutu membunuh saudar saudara muslim di negara tetangga..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: