Mer-C Indonesia Tembus Blokade Israel ke Gaza

Gaza, (tvOne)

Organisasi kegawatdaruratan kesehatan “Medical Emergency Rescue Committee” Indonesia menyatakan bahwa bantuan yang dibawa dalam misi kemanusiaan melalui pelayaran berhasil menembus blokade Israel atas Gaza, Palestina.

“Total barang bantuan yang dibawa oleh konvoi kapal menuju Gaza mencapai 10.000 ton yang terdiri atas obat-obatan, peralatan kesehatan, peralatan sekolah, bahan bangunan, dan genset,” kata Ketua Presidium “Medical Emergency Rescue Committee” (MER-C) Indonesia dr Sarbini Abdul Murad, kepada Antara, Senin (24/5) pagi.

Relawan yang tergabung dalam misi kemanusian dengan nama “Flotilla to Gaza” 2010 itu kini sudah tercatat 500 orang dari sekurangnya 50 negara lain di Istanbul Turki untuk menuju Gaza pada Senin (25/5).

“Mereka akan ikut berlayar dengan kapal IHH (Insani Yardim Vakfi), salah satu organisasi HAM dan kemanusiaan terbesar di Turki yang bermarkas di Istanbul,” kata Sarbini yang mendapat laporan dari relawan MER-C Indonesia.

Dikemukakannya bahwa ada sembilan kapal laut berbagai ukuran akan mengikuti “Flotilla to Gaza”, yang merupakan kegiatan terbesar untuk Palestina selama ini. Sebanyak lima buah berupa kapal penumpang dan empat lainnya berupa kapal kargo.

Organisasi-organisasi yang mengikutsertakan kapalnya adalah IHH Turki, ECESG (European Campaign to End the Siege of Gaza), FGM (Free Gaza Movement), Ship to Gaza Greece, Ship to Gaza Sweden, dan International Committee to Lift the Siege on Gaza.

Kapal yang pertama berlayar adalah kapal milik FGM, yang diberi nama Rachel Corrie. Nama ini dibuat untuk mengenang perjuangan seorang pegiat untuk Palestina asal Amerika Serikat (AS) Rachel Corrie, yang turut menjadi korban kekejaman Israel.

Israel menggilasnya dengan buldoser “caterpillar” di Yerusalem, ketika ia sedang berusaha menjadikan dirinya benteng sebagai upaya dan strateginya untuk menghentikan buldoser Israel yang menghancurkan perumahan penduduk di kawasan itu tujuh tahun silam.

Kapal ini berlayar tanggal 12 Mei 2010 dari Irlandia yang akan disusul oleh kapal-kapal dari IHH yang akan berlayar dari Antalya, kemudian akan bergabung dalam konvoi kapal-kapal dari Eropa yang akan lepas landas untuk beriringan dengan kapal-kapal sebelumnya dari Athena.

Ia menjelaskan, konvoi tersebut selanjutnya akan melewati perairan internasional langsung menuju Gaza. Menurut dia, konvoi tidak gentar dengan ancaman dan gertakan pihak Israel yang akan menghadang semua kapal yang memasuki perairan Gaza. “Peserta pelayaran ini sangat paham apa yang akan mereka lakukan tidak melanggar hukum apapun,” kata Sarbini Abdul Murad.

Mengutip Ketua IHH Turki Bulent Yildirim, disebutkan bahwa batas laut tiap negara adalah 12 mil. Hal ini tentunya berlaku untuk Israel. Gerakan “Flotilla to Gaza” itu akan berlayar 80 mil di luar garis pantai Israel, dan jika Isreal melakukan sesuatu untuk menggagalkan konvoi ini, maka negara itulah yang melanggar hukum laut internasional. (tvOne)

Wassalam
Syamsuri Rifai
http://www.alfusalam.web.id
http://shalatdoa.blogspot.com
http://islampraktis.wordpress.com

Jasa Pembuatan website murah dan terpercaya, contoh2nya dan detailnya klik di sini
Free Download Doa2 pilihan dan eBook2 Islami, klik di sini:
http://www.tokoku99.com/product-islami/e-book.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: