SBY Maraton Bedah ‘Gurita Bisnis Cikeas’

JAKARTA – Cikeas geger. Adalah aktivis dan peneliti korupsi George Yunus Aditjondro membeberkan enam yayasan yang dikelola keluarga Presiden Susillo Bambang Yudhoyono selama ini menjadi pemobilisasi dana dan suara pada Pemilui dan Pilpres.

Temuan George Aditjondro itu telah dituangkan dalam sebuah buku berjudul “Membongkar Gurita Cikeas di Balik Skandal Bank Century”. Buku yang masih dalam tahap prapeluncuran tulisan mantan dosen Universitas Satya Wacana Salatiga, itu sudah banyak beredar di masyarakat.

Tak pelak, temuan peneliti masalah korupsi di Indonesia itu membuat gerah Presiden Yudhoyono. Rencana rapat pembahasan evaluasi seratus hari program kerja kabinet di Puri Cikeas Indah, Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (24/12), mendadak berganti tema. Presiden Yudhoyono dan anggota Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II justru tertarik untuk membahas buku berisi temuan George tersebut. Namun, karena anggota kabinet belum memiliki buku tersebut, pembahasan lebih mendalam batal dilakukan.

Rencana lebih mendalam membedah isi buku setelah 183 halaman itu akhirnya dilaksanakan Jumat (25/12), di Cikeas. Sejumlah anggota kabinet diundang kembali untuk membahas temuan George.

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengamini pembahasan maraton buku George pada pertemuan dengan SBY. “Ya, kami sedang mempelajari buku itu. Hari ini, kami sudah dapatkan buku itu, dan ada di Cikeas. Nanti akan dipelajari di sana,” kata Julian kepada Persda Netwok di Jakarta, pada Jumat (25/12) lalu.

Menurut dia, pembahasan buku George itu berangkat dari instruksi Presiden Yudhoyono. Alasannya, buku tersebut akan diluncurkan kepada publik. “Ini disikapi secara serius karena dipublikasi di ruang publik. Jadi kita lihat, dan kita tunggu buku dalam bentuk yang riil dalam 183 halaman itu,” jelasnya.

Ditambahkan Julian, pembahasan akan berkutat pada metodelogi yang digunakan George dan timnya dalam meramu buku tersebut. Dengan berangkat dari metodelogi, temuan George bisa diketahui sejauh mana keakuratannya.

“Kita sama-sama dari dunia akademik. Nanti kita bisa tahu bagaimana proses teknis buku ini dibuat. Apalagi, George mendapatkan hasil dari penelitinya. Yang jelas, ada prosedur dalam penelitian yang mesti dilalui,” terang dia..

Ketika jumpa pers prapeluncuran bukunya di Yogyakarta, belum lama tadi, George
menyerukan dilakukan audit keuangan atas yayasan-yayasan yang terkait keluarga Presiden Yudhoyono. Menurut dia, yayasan-yayasan itu tidak pernah diaudit dan dilaporkan kepada DPR dan media. Hal ini berpotensi melakukan memobilisasi dana dan memobilisasi suara pada Pemilu dan Pilpres 2009.

Beberapa yayasan yang perlu diaudit, menurut Aditjondro seperti ditulis dalam bukunya itu, adalah Yayasan Puri Cikeas, Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian, Yayasan Majelis Dzikir SBY Narussalam, Yayasan Mutu Manikam Nusantara, Yayasan Batik Indonesia, dan Yayasan Sulam Indonesia.

Sebelumnya, George dalam tulisannya bertajuk Persaingan Dua Calon Dinasti Politik di harian Suara Pembaruan edisi 3 April 2009 menyoroti peran adik kandung istri SBY di salah satu yayasan.

“Hartanto Edhie Wibowo, adik kandung Ani, adalah bendahara Yayasan Majelis Dzikir SBY Nurussalam. Bersama Yayasan Puri Cikeas, yayasan ini ‘jembatan penghubung’ keluarga SBY dengan sejumlah pengusaha, yakni Sukamdani dan anaknya, Hariadi, Tanri Abeng dan anaknya, Emir Abeng, serta Aziz Mochdar, mitra bisnis Bambang Trihatmodjo dan adik Muchsin Mohdar. Muchsin sendiri adik ipar BJ Habibie,” ulas George.

George tidak merinci peran keluarga besar SBY yang banyak dipengaruhi kerabat Ani Yudhoyono. Dia hanya menyebut, kerabat Ani kini banyak ini menduduki posisi penting di Tanah Air. Namun, dia menyebut pengaruh keluarga besar Megawati masih kalah dibanding pengaruh keluarga besar SBY di pentas ekonomi politik Indonesia. Terutama pengaruh saudara-saudara dan ipar-ipar Ibu Negara.

“Kita bisa lihat adik ipar SBY, Brigjen Pramono Edhie Wibowo saat ini menjabat Danjen Kopassus. Sedangkan kakak ipar SBY, Letjen Erwin Sudjono, mantan Pangkostrad dan Kasum TNI. Adik ipar lainnya yakni Gatot Mudiantoro Suwondo menjabat Dirut BNI. Dan, Hadi Utomo, ketua umum DPP Partai Demokrat yang mengusung SBY sebagai calon presiden untuk kedua kalinya, juga adik ipar Ani Yudhoyono,” beber George.

Tidak Ada
Meski belum melihat buku tulisan Goerge Aditjondro, Ketua DPP Partai Demokrat,
Ruhut Sitompul meyakini isinya tidak memiliki kebenaran. Bahkan dia menuding buku itu sebagai ulah dari pihak-pihak yang tidak siap kalah.
“Ini cuma ingin mengait-kaitkan saja. Sudahlah Pak SBY, Bu Ani, Ibas itu kurang apa sih? Aku sudah bilang, potong kuping, potong leher, enggak pernah ada itu,’ ujarnya dihubungi Persda, Jumat (25/12) malam.
Keyakinannya sama ketika tudingan keterlibatan SBY dalam kasus bailout Bank Century. Ditegaskan dia, kalau pembongkaran kasus Bank Century justru akan menambah kecintaan rakyat Indonesia terhadap SBY dan Demokrat.
“Itu buku orang gila kali yang ngarang-ngarang. Itu kalau gue tahu itu (buku) fitnah lagi, gue bantai itu orang-orang semua. Jangan main-main, gue juga ada kesabaran,” tandas Rugut.
Ruhut menolak keras jika dilakukan audit terhadap yayasan-yayasan yang disebut dalam buku “Membongkar Gurita Cikeas. Menurut dia, tidak ada keharusan yayasan-yayasan itu diaudit.
“Kita tidak mengenal pembuktian terbalik. Kita ini bukan negara komunis,” pungkasnya. (Persda Network/ade/ mun)

Pegang Posisi Penting
– Adik Ipar Brigjen Pramono Edhie Wibowo ( Danjen Kopassus)
– Kakak ipar Letjen Erwin Sudjono (mantan Pangkostrad dan Kasum TNI)
– Adik ipar Gatot Mudiantoro Suwondo (Dirut BNI)
– . Hadi Utomo (Ketua umum DPP Partai Demokrat)

Di bawah Kendali Cikeas
– Yayasan Puri Cikeas
– Yayasan Kesetiakawanan dan Kepedulian
– Yayasan Majelis Dzikir SBY Narussalam
– Yayasan Mutu Manikam Nusantara
– Yayasan Batik Indonesia
– Yayasan Sulam Indonesia

Sumber:
http://www.sripoku.com/view/23609/function.imagejpeg

Download EBook “Gurita Bisnis Cikeas”:
http://tokoku99.com/free-download-/e-book.html

3 Responses

  1. pak,tolong upload buku ini di tempat lain dunk.. ziddu atau lebih bagus di lokal aja (www.indowebster.com) biar kenceng..

  2. […] SBY Maraton Bedah ‘Gurita Bisnis Cikeas’ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: