Indonesia dan Iran Gelar Konferensi Internasional Islam di Jakarta

International Conference of Islamic Scholars dibuka pada Sabtu (19/12) ini, di Hotel Sultan, Jakarta. Konferensi bertema ‘Meningkatkan Solidaritas dan Kesatuan Muslim Dunia’ (Upholding Solidarity and Unity in the Moslem World) ini dibuka oleh Sekjen World Forum of Islamic School of Thought Ayatullah Muhammad Ali Taskhiri, Ketua PBNU Hasyim Muzadi dan Menkopolhukam Djoko Suyanto. Demikian dilaporkan Koran Republika hari ini.

Dalam sambutannya, ulama asal Iran, Ali Taskhiri mengimbau agar Muslim dunia dapat mengamalkan ajaran Islam sebagai agama yang mengedepankan dialog. Menurut Ayatollah Ali Taskhiri, perbedaan sudah terjadi pada masa sahabat. Akan tetapi, mereka masih dapat bekerja sama dan berdialog meski dengan perbedaan tersebut. Dia menambahkan, adanya konflik antarsekte sekarang ini terjadi karena kurangnya pendidikan umat Islam sehingga perpecahan menjadi mudah terjadi. Untuk itu, dia menilai sangat penting adanya kerja sama antarmazhab sehingga umat Islam dunia dapat solid.

Sementara itu, Ketua PB NU, Hasyim Muzadi, dalam sambutannya mengatakan konferensi ini bukan untuk kepentingan pribadi tetapi untuk kepentingan umat Islam. Ini dibuktikan dengan bertemunya dua negara Muslim besar dengan dua mazhab yang berbeda yakni Indonesia dengan mazhab sunni dan Iran dengan mazhab Syi’ah.

Lebih lanjut, Hasyim mengungkap terdapat berbagai permasalahan yang saat ini tengah dihadapi umat Islam dunia. Dikatakannya, “Ada yang timbul dari dalam dan dari luar.” Ia pun mengatakan, umumnya permasalahan sebenarnya ditimbulkan oleh faktor internal, yakni 60 persen, dan hanya kurang dari 50 persen faktor eksternal.

Konferensi ini sendiri dijadwalkan akan berlangsung secara maraton dari 19-20 Desember dan disponsori oleh NU serta World Forum of Islamic School of Thought yang berpusat di Teheran, Iran. Konferensi ini akan mendengarkan para pembicara internasional dari Indonesia, Iran, Libanon, dan Malaysia. (IRIB)

Wassalam
Syamsuri Rifai
http://www.alfusalam.web.id
http://shalatdoa.blogspot.com
http://islampraktis.wordpress.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: