Doa untuk Menghilangkan Stress

Dalam kehidupan ini manusia tak terlepas dari suka dan duka, sedih dan bahagia. Kondisi ini pasti dihadapi dan dialami oleh setiap manusia. Hanya saja ada yang mampu menghadapinya, ada juga yang tak sanggup memikul bebannya.

Semestinya setiap manusia mampu memikul semua beban derita karena Allah swt tak pernah menghadapkan manusia pada suatu ujian seberat apapun kecuali disesuaikan oleh kemampuannya.

Allah swt dengan sifat adil dan bijaksana-Nya telah mengkaruniakan tiga potensi pada semua manusia. Hanya saja ada yang mengaktualkannya secara seimbang, ada juga yang belum mampu mengaktualkan secara seimbang. Mereka inilah yang akan mengalami penderitaan hati dan kehilangan keseimbangan hidup. Yang akhirnya berakibat pada stres dan gangguan kejiwaan.

Karena itu kita sangat dianjurkan untuk memiliki senjata yang ampuh untuk menghadapi penderitaan. Khususnya bagi yang keseringan menghadapi beban penderitaan. Doa merupakan senjata yang paling ampuh untuk menghilangkan segala beban derita.

Rasulullah saw pernah mengajarkan kepada kita doa yang dapat menghilangkan derita, duka, bahkan doa ini dapat mencerahkan hati dan mencerdaskan pikiran. Keampuhan doa ini telah diakui oleh ulama, dan hadis tentangnya telah dinyatakan shahih oleh Imam Ahmad bin Hanbal, Ibnu Hibban dan Al-Hakim.

Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa yang membaca doa berikut ini, Allah akan menghilangkan deritanya dan menggatikannya dengan kebahagiaan:

بسم الله الرحمن الرحيم
اللهم صل على محمد وآل محمد

اَللَّهُمَّ إِنِّى عَبْدُكَ وَابْنُ عَبْدِكَ وَابْنُ أَمَتِكَ نَاصِيَتِي بِيَدِكَ ، مَاضٍ فِي حُكْمِكَ، عَدْلٌ فِي قَضَاءِكَ، أَسْأَلُكَ بِكُلِّ اِسْمٍ هُوَ لَكَ سَمَّيْتَ بِهِ نَفْسَكَ أَوْ أَنْزَلْتَهُ فِي كِتَابِكَ أَوْ عَلَّمْتَهُ أَحَدًا مِنْ خَلْقِكَ أَوِ اسْتَأْثَرْتَ بِهِ فِي عِلْمِ الْغَيْبِ عِنْدَكَ أَنْ تَجْعَلَ الْقُرْآنَ رَبِيْعَ قَلْبِي وَنُورَ صَدْرِي وَجَلاَءَ حُزْنِي وَذِهَابَ هَمِّي

Bismillâhir Rahmânir Rahîm
Allâhumma shalli ‘alâ Muhammad wa âli Muhammad

Allâhumma innî `abduka wabnu `abdika wabnu amatika, nâshiyatî biyadika, madhin fi hukmika, `adlun fi qadhâika. As-aluka bikulli ismin huwa laka sammayta bihi nafsaka aw anzaltahu fî kitâbika aw `allamtahu ahadan min khalqika awista`tsarta bihi fî `ilmil ghaybi `indaka an taj`alal qur’âna rabî`a qalbî wa nûra shadrî wa jalâa huznî wa dzihâba hammî.

Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
Ya Allah, sampaikan shalawat kepada Rasulullah dan keluarganya

Ya Allah, aku adalah hamba-Mu putera hamba-Mu, ubun-ubunku ada di tangan-Mu, berlalu hukum-Mu dan adil ketentuan-Mu. Aku memohon pada-Mu dengan semua nama yang Kau namakan pada diri-Mu atau yang Kau turunkan dalam kitab-Mu atau yang kau ajarkan pada salah seorang dari makhluk-Mu atau yang Kau berikan pengaruhnya pada ilmu ghaib di sisi-Mu, jadikan Al-Qur’an keindahan kalbuku, cahaya hatiku, penyembuh dukaku dan penghapus deritaku. (Makarimul Akhlaq: 351)

Hadis ini diriwayatkan oleh Allamah Ath-Thabrasi juga oleh Imam Ahmad, Ibnu Hibban dan Al-Hakim, mereka menyatakan shahih hadis ini.

Wassalam
Syamsuri Rifai

Pesantren Alam Maya
Macam2 shalat sunnah, doa-doa pilihan, dan artikel2 Islami:
https://syamsuri149.wordpress.com
http://shalatdoa.blogspot.com
Amalan praktis, Doa2 harian dan bulanan:
http://islampraktis.wordpress.com
Tafsir tematik, Asbabun Nuzul, hadis2 pilihan, keutamaan surat2 Al-Qur’an:
http://tafsirtematis.wordpress.com
Amalan Praktis, Adab2 dan doa2 haji dan umroh, serta artikel2 tentangnya:
http://almushthafa.blogspot.com

Milis:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia
http://groups.yahoo.com/group/Shalat-Doa
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

Jaringan Pendukung:
http://syamsuri149.multiply.com
http://profiles.friendster.com/syamrifai
Mari kita perluas jaringan dan persahabatan:
http://id-id.facebook.com/people/Syamsuri_Rifai/1071108775

Mari bergabung di Group Pecinta Keluarga Bahagia:
http://www.facebook.com/group.php?gid=37020211895

About these ads

8 Responses

  1. Subhanallah,dlm hdp penuh dgn derita,namun dlm menghadapi knyataan itu,kadang aku mau berontak berbuat lebih sadis dalam pelampiasan,menghabisi nyawa orang yg aku benci,kenapa bisa begitu?

  2. Sy dulu punya sesuatu yg bisa dibanggakan ttp sekarang sudah sirna..saya stress karenanya.kenapa bisa begitu..

    • mungkin karena dulu anda terlalu sombong,dan lupa bahwa semua yang anda miliki milik allah,,maka allah ambil lg karena anda tidak dapat menjalankan amanah allah dengan baik…..#maaf bukan sok menasehati#

  3. depresi itu apa sih ustad . bagaimana mengatasi gejala tersebut supaya kembali ke kehidupan normal ustad

  4. bagaimana kretria calon suami yang baik

  5. subhanllah…mohon teman teman tolong infokan kesaya jika ada yg tahu tempat titirah atau tempat pemondokan semacam pesantren utk menenangkan pikiran karena depresi dan stres…klu kepsikiater kita paling satu atau dua jam konsultasi,klu dipemindokan mkin bisa lebih lama dan kita aktif utk ibadah..sya saat ini sangat memerlukannya…jika ada yg tahu infokan kesaya kenomor 081221374237

  6. Ya allah…. Ampunilah dosa dosaku Yang Sangat hina ini. Angkatlah beban ini,sampai kapan aku bisa bertahan??? Hati dan pikiran ini terasa tidak kuat lagi,mau pecah,meledak berkeping keping.kupasrahkan semua pada MU kemarin,esok lusa semuanya…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 94 other followers

%d bloggers like this: