Macam-Macam Bisikan

Bisikan itu ada dua macam: Pertama, bisikan yang membimbangkan hati, selain dasar penggerak perbuatan: angan-angan dusta dan pemikiran yang merusak. Kedua, penggerak kehendak dan tekad untuk melakukan suatu perbuatan. Jadi setiap perbuatan diawali oleh bisikan atau suara. Bisikan menggerakkan keinginan, keinginan mengerakkan tekad (‘azam), dan tekad menggerakkan niat. Kemudian niat membangkitkan anggota tubuh untuk melakukan suatu perbuatan. Jika bisikan itu mengerakkan pada kebaikan, maka itu adalah ilham dan terpuji. Jika bisikan itu menggerakkan pada keburukan, maka itu adalah was-was dan tercela.

Bisikan yang membimbangkan hati bermacam-macam, antara lain:
Pertama: Angan-angan, yang mungkin dapat diwujudkan atau yang mustahil diwujudkan; angan-angan yang baik dan terpuji, atau yang buruk dan tercela; yang tidak ada sandarannya dalam ketetapan dan takdir Allah atau yang tak sempurna sandarannya, sehingga berbisiklah dalam hatinya: mengapa aku tidak melakukan yang ini, atau melakukan yang itu.

Kedua: Mengingat kembali hal-hal yang negatif, yang disengaja atau yang tidak disengaja, membayangkan hal-hal yang hina lalu ia menutupinya; atau berkhayal tentang sesuatu yang hilang lalu ia merasa sedih; atau berpikir tentang hal-hal yang menyakitkan dan penghidupan yang susah; atau pikiran melayang pada hal-hal yang tidak ada manfaatnya dan tidak memiliki dampak terhadap kehidupannya.

Ketiga: Lamunan, yang bisa jadi sampai pada tingkatan banyak berkhayal tentang suatu kejadian yang tidak disukai dirinya atau yang berkait dengan sesuatu yang tidak disukainya, sehingga dapat menggongcangkan hatinya. Atau lamunan yang dimunculkan oleh potensi wahmiyah atau potensi syaithaniyah pada hal-hal yang menyakitkan dan tidak diinginkan, bukan pada hal-hal yang dikehendaki dan membahagiakan. Misalnya: membayangkan hilangnya harta, anak atau musibah yang tidak diinginkan. Atau lamunan dan khayalan tentang sesuatu yang mengakibatkan potensi akal dikalahkan oleh potensi wahmiyah, sehingga terjadi goncangan dalam hatinya.

Keempat: Tafâul, yakni merenungi tanda-tanda kebaikan. Tafâul semacam istikharah. Ini tidak tercela, karena dalam riwayat disebutkan bahwa Rasulullah saw menyukai tafâul dalam hal sebagian persoalan.

Kelima: Was-was dalam hal akidah. Yakni was-was yang tidak menggiring pada keraguan yang menghilangkan keyakinan. Yang kami maksudkan was-was di sini adalah suara dan bisikan hati soal akidah, yang tidak membahayakan keimanan dan tidak berdosa. Persoalan ini insya Allah akan dibicarakan pada pembahasan berikutnya.

Kesimpulan:
Apa yang kami jelaskan adalah: umumnya lintasan bisikan hati berkisar pada hal-hal masa lalu yang tidak tercapai, atau masa mendatang yang tak mampu dijangkaunya. Bukankah hal ini membuang dan menyia-nyiakan waktu. Sementara perangkat penting seorang hamba adalah hatinya dan perdagangannya adalah umurnya.

Jika hati seorang hamba melupakan dan tidak disibukkan oleh hal-hal yang tidak bermanfaat, hati akan menjadi jinak dan merindukan Allah swt, pikirannya akan bergerak pada ma’rifatullah, dan ma’rifatnya akan mencintai Allah swt. Saat itulah ia dicintai oleh-Nya.

Jika pikiran dan bisikan hatinya terjadi pada hal-hal yang mubah (yang dibolehkan). Maka umumnya terjadi sebaliknya, yakni merenungi sisi-sisi khayali untuk memenuhi keinginan syahwati. Sehingga terjadi perang dalam hatinya, masing-masing berebut pengaruh untuk mencapai tujuannya. Bahkan kadang-kadang juga hatinya disibukan dengan bisikan tentang orang-orang yang berbeda pandangan, bahkan juga tentang anak dan isterinya. Lalu mencari cara untuk menundukkan dan mengalahkan mereka. Jika hati kita disibukkan dengan hal-hal yang seperti ini, bukankah hal ini menyia-nyiakan waktu dan menguras energi yang semestinya dapat digunakan untuk kepentingan agama dan dunia yang bermanfaat.

Disarikan dari kitab Jami’us Sa’adat, penghimpun kebahagiaan, jilid 1: 143-144

AMALAN PRAKTIS DAN DOA-DOA PILIHAN
FREE DOWNLOAD DOA-DOA PILIHAN
ARTIKEL ISLAMI DAN AMALAN PRAKTIS
KUMPULAN HADIS DAN MUTIARA HIKMAH

Wassalam
Syamsuri Rifai

Amalan Praktis, shalat2 sunnah, doa-doa pilihan, dan artikel2 Islami, foto tempat2 bersejarah, Asbabun Nuzul ayat2 dan hadis2 pilihan, klik di sini:
https://syamsuri149.wordpress.com
http://shalatdoa.blogspot.com

Tafsir tematik, keutamaan surat2 dan ayat 2 Al-Qur’an:
http://tafsirtematis.wordpress.com

Audio shalawat tarhim, doa dan musik2 ruhani (mp3), dilengkapi tek dan terjemahan, klik di sini:
http://syamsuri149.multiply.com

Adab dan doa2 pilihan haji dan umroh, amalan praktis dan lainnya, klik di sini:
http://almushthafa.blogspot.com

Milis Keluarga Bahagia dan Shalat-doa: Amalan praktis, shalat2 sunnah, doa2 pilihan, artikel2 Islami, iklik di sini:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia
http://groups.yahoo.com/group/Shalat-Doa

Milis Feng Shui Islami: rahasia huruf dan angka, nama dan kelahiran, rumus2 penting lainnya, dan doa2 khusus, klik di sini:
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: