Doa yang diijabah (Syarah Doa Jawsyan Kabir)

يَا مُجِيْبَ الدَّعَوَات

Wahai Yang Mengijabah semua doa

Asma ini terdapat dalam doa Jawsyan Kabir, doa yang meliputi seribu Asma Allah swt.

Dalam bagian kata “doa” berbentuk jamak yaitu da’awât. Ini menunjukkan makna doa secara umum, sementara umumnya doa kita tidak diijabah. Ketahuilah bahwa doa yang tidak diijabah adalah doa yang hanya diucapkan oleh lisan, seperti doa yang umumnya diucapkan orang-orang yang duduk di majlis-majlis doa dan zikir, yaitu:
“Ya Allah, bimbinglah aku pada ketaatan dan jauhkan aku dari kemaksiatan, ”
Sementara semua organ tubuhnya, perbuatan dan aktivitas batinnya tidak sesuai dengan doa yang diucapkan oleh lisannya: ia melakukan kehinaan dan mengikuti bisikan setan; sehingga hatinya dipehuni oleh gelora hawa nafsu, kerakusan dan sifat-sifat binatang buas.

Jika demikian kenyataannya, maka sebenarnya yang mereka memohon justru sebaliknya yaitu: “Ya Allah, hinakan kami dengan kemaksiatan.”

Demikian juga mereka yang memohon perlindungan dan rizki kepada Allah, padahal Dia Maha Mengijabah semua doa. Allah swt berfirman: “Tuhan kami yang telah memberikan pada segala sesuatu bentuk kejadiannya kemudian memberinya petunjuk.” (Thaha: 50)

Secara naluriah manusia yang patuh pada khayalannya berkata: “Ya Allah, abadikan aku di dunia.” Seruan ini ia ucapkan secara tersembunyi dan kadang-kadang juga terang-terangan. Sehingga khayalannya menghadap pada Tuhannya, semua organnya terfokus padanya, merasa tenteram di rumahnya atau di penjaranya, semua organ tubuhnya menuntut kebutuhan-kebutuhan naluriahnya, anak khayalnya yang baru netas dan masih terpasung dalam kubangan materi ingin terbang seperti burung, ingin terbang jauh berkeliling. Padahal ruh dan ruhaninya berkata pada semua yang terikat dengan materi dan terpasung di dalamnya:

“Sampai kapan kamu tinggal di sini dan menghabiskan waktu untuk mengejar materi? Apakan kamu tidak ingin mengakhiri kecelakanmu? Lalu mencari bekal untuk perjalananmu, menjumpai Pemimpinmu agar kamu segera sampai pada dunia yang lain.”

Sebenarnya ruh kita menginginkan kematian dan meninggalkan tubuh kita secara suka-rela, tetapi khayalan kita tidak menghendakinya, yang kadang-kadang juga diucapkan oleh lisannya. Allah swt berfirman: “Hai manusia, sesungguhnya kamu telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, kamu pasti akan menemui-Nya. “ (Al-Insyiqaq: 6).

Doa lisan yang mengharapkan kebutuhannya, tentu diijabah diijabah oleh Allah swt untuk sekedar memenuhi kebutuhannya, yaitu makan. Tetapi perlu diketahui bahwa lisan tak sanggup menyampaikan doa pada keinginan khayali, yang tidak mengetahui manfaat dan mudharratnya. Sebenarnya lisan bisa menyampaikan keinginan manusia sekiranya ia mengetahui bahwa yang diinginkan itu benar-benar pasti maslahat bagi dirinya. Inilah yang dimaksudkan oleh hadis Qudsi:

ان من عبادى من لايصلحه الا الغنى لو صرفته الى غير ذلك لهلك وان من عبادى من لايصلحه الاالفقر لو صرفته الى غير ذلك لهلك

Sesungguhnya di antara hamba-hamba-Ku ada orang yang tidak maslahat baginya kecuali kekayaan, sekiranya Aku belokkan ia pada selain itu, niscaya ia akan binasa; dan sesungguhnya di antara hamba-hamba-Ku ada orang yang tidak maslahat baginya kecuali kefakiran, sekiranya Aku belokkan ia pada selain itu, niscaya ia akan binasa.”

Karena itu, zikir yang paling agung adalah zikir yang terkandung dalam tauhid dan pujian kepada Allah swt, bukan apa yang dirasakan karena tercapainya harapan dan permohonan. Allah berfiman dalam hadis qudsi:

فوت الحاجة احب الى من قضاء الحاجة

Ketertundaan pencapaian hajat lebih Aku cintai daripada tercapainya hajat.”

من ترك ما يريد لما اريد اترك ما اريد لما يريد

“Baransiapa yang meninggalkan apa yang diinginkan karena apa yang Aku inginkan, maka Aku akan meninggalkan apa yang Aku inginkan karena apa yang ia inginkan.”
Di dalam suatu doa disebutkan:

اللهم انت كما اريد فاجعلنى كما تريد

“Ya Allah, Engkau sebagaimana yang aku inginkan, maka jadikan aku sebagaimana yang Engkau inginkan.”

Dalam suatu hadis disebutkan:

المؤمن لايريد ما لايجد

“Mukmin yang sejati, ia tidak menginginkan apa yang tidak ia dapatkan.”

Namun demikian, walaupun dalam berdoa kita tidak mengetahu apa sebenarnya yang kita inginkan, tetapi jika doa itu sebagai zikirullah, maka doa kita adalah baik. Karena doa adalah menjadi salah satu sebab kebahagiaan kita dan wasilah untuk mengingat Allah swt. Dalam hadis disebutkan bahwa Nabi Musa (as) berdoa walaupun untuk memohon garam untuk keperluan makanannya.
(Disarikan dari kitab Syarah Doa Jawsyan Kabir, oleh Sabzawari seorang filosuf dan sufi besar)

Yang berminat Doa Jawsyan Kabir, doa yang meliputi 1000 Asma Allah, dilengkapi tek arab, bacaan tek latin dan terjemahan, bisa mendownload dari bagian File di milis “Keluarga bahagia” atau milis “Shalat-doa”, yang Linknya berikut ini.

Wassalam
Syamsuri Rifai

Foto tempat2 bersejarah Islami, Asbabun Nuzul ayat2 pilihan, hadis2 pilihan, amalan Praktis, bermacam2 shalat sunnah, doa-doa pilihan, dan artikel-artikel Islami, klik di sini:

http://syamsuri149.wordpress.com

http://shalatdoa.blogspot.com

Amalan praktis, Adab2 dan doa2 pilihan haji dan umroh dilengkapi tek arab, bacaan tek latin dan terjemahan, klik di sini:
http://almushthafa.blogspot.com

Milis artikel2 Islami, macam2 shalat sunnah, amalan2 praktis dan doa-doa pilihan serta eBooknya, klik di sini:
http://groups.google.com/group/keluarga-bahagia
http://groups.yahoo.com/group/Shalat-Doa

Milis Feng Shui Islami, rahasia huruf dan angka, nama dan kelahiran, rumus2 penting lainnya, dan doa2 khusus, klik di sini:
http://groups.google.co.id/group/feng-shui-islami

Download gratis Mobile Magazine, majalah bermacam2 produk Hp dan elektronik, klik di sini : http://www.mobile-indonesia.com
Ingin kerjasama buka cabang di kota atau daerah Anda, hubungi Redaksi: Jl. Tebet Timur Dalam VII E No. 17 Jakarta Selatan 12820. Phone : 62-21-835.2103.

About these ads

3 Responses

  1. ustad tolong doakan ana supaya terlepas dari masalah hutang piutang dan kesulitan ekonomi dan tolong buatkan dong bagamana cara untuk melepas kesialan

  2. USTAZ …sekarang nie sayer sedang ader prob besar dengan kawan-kawan berpunca dari fitnah salah sorang antara kami semua..doa apa yg boleh saya gunakan agar..persahabatan kami terjalin seperti dulu..saya amat merindukan mereka..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 100 other followers

%d bloggers like this: